Cari Blog Ini

Sabtu, 03 Desember 2011

PEMETAAN SK-KD SOSIOLOGI SMA BERKARAKTER

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

Mata Pelajaran           : Sosiologi
Program                       : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL  (IPS)
Satuan Pendidikan   : SMA / MA
Kelas/Semester         : X / 1
Nama Guru                  : ___________________________
NIP/NIK                        : ___________________________

PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Sosiologi.
Kelas / Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan



·         Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
·         Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
·         Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat.

·     Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan




1.2. Mendeskripis-kan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

·     Menjelaskan nilai dan norma.
·     Membedakan nilai dan norma
·     Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat.
·     Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.


·     Nilai dan Norma




1.3. Mendeskripsi-kan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial.

·     Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial
·     Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
·     Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial.


Interaksi Sosial dan Dinamika Sosial







Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................






PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD



Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Sosiologi.
Kelas / Semester            : X/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
2.Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
2.1.Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian


·         Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian
·         Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam sosialisasi
·         Menjelaskan tahapan perkembangan diri manusia.
·         Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
·         Menjelaskan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan.
·         Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi.
·         Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian


Sosialisasi dan pembentukan kepribadian



2.2.Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.

·     Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak sempurna.
·     Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
·     Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
·     Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat


Perilaku Menyimpang




2.3.Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

·     Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
·     Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial
·     Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial
·     Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat

Aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat






Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................






PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD



Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Sosiologi.
Kelas / Semester            : XI/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial

1.1.Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.


·         Mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
·         Mendeskripsikan diferensiasi sosial.
·         Mendeskripsikan stratifikasi sosial.
·         Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
·         Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
·         Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat di masyarakat.
·         Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat.


·     Struktur sosial dan Diferensiasi











·     Stratifikasi sosial.




1.2.Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat.

·   Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial
·   Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat.
·   Membedakan konflik dengan kekerasan
·   Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.
·   Mendeskripsikan proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat.
·   Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial
·   Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial. 

·         Konflik sosial




1.3.Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.

·   Mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat
·   Membedakan mobilitas sosial dengan gerakan sosial
·   Mengidentifikasi cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas.
·   Mendeskripsikan pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat.
·   Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
·   Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.
·   Mengidentifikasi dampak mobilitas sosial.
·   Mendeskripsikan hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.  


·         Hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.





Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................






PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD



Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Sosiologi.
Kelas / Semester            : XI/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
2. Menganalisis kelompok sosial dalam dampak masyarakat multikultural.

2.1.Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural.




·   Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
·   Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
·   Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
·   Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan. 


·     Kebudayaan



2.2.Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

·   Mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.
·   Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.
·   Membedakan konflik dengan kekerasan
·   Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.


·         Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural




2.3.Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

· Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
·  Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
· Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
· Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
· Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat.

Masyarakat Multikultural




Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................






PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD



Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Sosiologi.
Kelas / Semester            : XII/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
1.Memahami dampak perubahan sosial
1.1.Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.


·  Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
·  Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
·  Memberikan contoh faktor pendorong Perubahan Sosial.
·  Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial.


·     Perubahan sosial





1.2.Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat.

·  Memberikan contoh kasus dampak perubahan sosial.
·  Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa
·  Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa

·  Dampak Perubahan Sosial



2. Memahami Lembaga Sosial

2.1 Menjelaskan hakekat lembaga sosial

·      Mendeskripsikan konsep lembaga social
·      Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial
·      Menganalisis pengaruh perubahan terhadap pembentukan lembaga sosial


LEMBAGA SOSIAL YANG TERDAPAT DI MASYARAKAT
Pengertian Lembaga Sosial
Proses pembentukan lembaga sosial




2.2 Mengklasifikasi tipe-tipe lembaga sosial

·      Mengidentifikasi karakteristik lembaga sosial di masyarakat
·      Mendeskripsikan tipe dan hubungan antar lembaga sosial di masyarakat
·      Menganalisis efisiensi dan efektifitas dari adanya hubungan antar lembaga sosial di masyarakat.


TIPE-TIPE LEMBAGA SOSIAL DI MASYARAKAT
Tipe lembaga sosial
berdasarkan politik
Tipe lembaga sosial berdasarkan ekonomi
Tipe lembaga sosial berdasarkan budaya
Tipe lembaga sosial berdasarkan hukum




2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial

·      Mendeskripsikan berbagai peran dan fungsi lembaga 
·      sosial berdasarkan studi literatur dan studi lapangan
·      Menguraikan adanya penyesuaian kembali terhadap peran dan fungsi lembaga sosial di masyarakat
·      Mendeskripsikan berbagai kegiatan lembaga sosial dalam mewujudkan peran dan fungsinya di masyarakat
·      Menganalisis eksistensi lembaga sosial dalam menghadapi berbagai perubahan lokal, nasional dan global

PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA SOSIAL
Peran lembaga sosial di masyarakat
• Fungsi lembaga sosial di masyarakat





Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................






PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD



Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Sosiologi.
Kelas / Semester            : XII/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
2.Mempraktekkan metode penelitian sosial
2.1.Merancang metode penelitian sosial secara sederhana.



·  Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
·  Menentukan topik atau judul penelitian.
·  Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian.

·  Penelitian Sosial.



2.2.Melakukan penelitian sosial.

·  Menjelaskan arti pengumpulan data
·  Menjelaskan cara-cara pengumpulan data.
·  Melaksanakan penelitian secara sederhana.
·  Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data, pengorganisasian data.
·  Mendeskrispsikan jenis hubungan data.

·  Penelitian Sosial




2.3.Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana. 

·  Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana.
·  Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana.

·  Penelitian sosial



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons