KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Mata Pelajaran : Sosiologi
Program : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas/Semester : X / 1
Nama Guru : ___________________________
NIP/NIK : ___________________________
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sosiologi.
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu |
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | 1.1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | · Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode · Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial. · Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat. | · Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | ||||
1.2. Mendeskripis-kan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | · Menjelaskan nilai dan norma. · Membedakan nilai dan norma · Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat. · Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. | · Nilai dan Norma | |||||
1.3. Mendeskripsi-kan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial. | · Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial. | Interaksi Sosial dan Dinamika Sosial |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sosiologi.
Kelas / Semester : X/2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu |
2.Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian | 2.1.Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian | · Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian · Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam sosialisasi · Menjelaskan tahapan perkembangan diri manusia. · Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian. · Menjelaskan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan. · Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi. · Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian | Sosialisasi dan pembentukan kepribadian | ||||
2.2.Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial. | · Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna. · Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang · Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang. · Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat | Perilaku Menyimpang | |||||
2.3.Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. | · Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial · Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial · Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial · Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat | Aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sosiologi.
Kelas / Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu |
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial | 1.1.Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat. | · Mendeskrispsikan pengertian struktur sosial · Mendeskripsikan diferensiasi sosial. · Mendeskripsikan stratifikasi sosial. · Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender. · Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat. · Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat di masyarakat. · Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat. | · Struktur sosial dan Diferensiasi · Stratifikasi sosial. | ||||
1.2.Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat. | · Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial · Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat. · Membedakan konflik dengan kekerasan · Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat. · Mendeskripsikan proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat. · Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial · Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial. | · Konflik sosial | |||||
1.3.Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. | · Mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat · Membedakan mobilitas sosial dengan gerakan sosial · Mengidentifikasi cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas. · Mendeskripsikan pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat. · Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial. · Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial. · Mengidentifikasi dampak mobilitas sosial. · Mendeskripsikan hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. | · Hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sosiologi.
Kelas / Semester : XI/2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu |
2. Menganalisis kelompok sosial dalam dampak masyarakat multikultural. | 2.1.Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural. | · Mendeskripsikan pengertian kebudayaan · Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan. · Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. · Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan. | · Kebudayaan | ||||
2.2.Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. | · Mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. · Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial. · Membedakan konflik dengan kekerasan · Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat. | · Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | |||||
2.3.Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. | · Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme. · Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural. · Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural. · Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat. · Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat. | Masyarakat Multikultural |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sosiologi.
Kelas / Semester : XII/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu |
1.Memahami dampak perubahan sosial | 1.1.Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat. | · Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat. · Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial. · Memberikan contoh faktor pendorong Perubahan Sosial. · Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial. | · Perubahan sosial | ||||
1.2.Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat. | · Memberikan contoh kasus dampak perubahan sosial. · Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa · Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa | · Dampak Perubahan Sosial | |||||
2. Memahami Lembaga Sosial | 2.1 Menjelaskan hakekat lembaga sosial | · Mendeskripsikan konsep lembaga social · Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial · Menganalisis pengaruh perubahan terhadap pembentukan lembaga sosial | LEMBAGA SOSIAL YANG TERDAPAT DI MASYARAKAT Pengertian Lembaga Sosial Proses pembentukan lembaga sosial | ||||
2.2 Mengklasifikasi tipe-tipe lembaga sosial | · Mengidentifikasi karakteristik lembaga sosial di masyarakat · Mendeskripsikan tipe dan hubungan antar lembaga sosial di masyarakat · Menganalisis efisiensi dan efektifitas dari adanya hubungan antar lembaga sosial di masyarakat. | TIPE-TIPE LEMBAGA SOSIAL DI MASYARAKAT Tipe lembaga sosial berdasarkan politik Tipe lembaga sosial berdasarkan ekonomi Tipe lembaga sosial berdasarkan budaya Tipe lembaga sosial berdasarkan hukum | |||||
2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial | · Mendeskripsikan berbagai peran dan fungsi lembaga · sosial berdasarkan studi literatur dan studi lapangan · Menguraikan adanya penyesuaian kembali terhadap peran dan fungsi lembaga sosial di masyarakat · Mendeskripsikan berbagai kegiatan lembaga sosial dalam mewujudkan peran dan fungsinya di masyarakat · Menganalisis eksistensi lembaga sosial dalam menghadapi berbagai perubahan lokal, nasional dan global | PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA SOSIAL Peran lembaga sosial di masyarakat • Fungsi lembaga sosial di masyarakat |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sosiologi.
Kelas / Semester : XII/2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu |
2.Mempraktekkan metode penelitian sosial | 2.1.Merancang metode penelitian sosial secara sederhana. | · Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian · Menentukan topik atau judul penelitian. · Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian. | · Penelitian Sosial. | ||||
2.2.Melakukan penelitian sosial. | · Menjelaskan arti pengumpulan data · Menjelaskan cara-cara pengumpulan data. · Melaksanakan penelitian secara sederhana. · Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data, pengorganisasian data. · Mendeskrispsikan jenis hubungan data. | · Penelitian Sosial | |||||
2.3.Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana. | · Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana. · Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana. | · Penelitian sosial |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar