PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas/Semester : XI / 1
Nama Guru : ...........................
NIP/NIK : ...........................
Sekolah : ...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
· Mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
· Mendeskripsikan diferensiasi sosial.
· Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
o mengidentifikasi diferensiasi sosial di masyarakat
o Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Struktur sosial
o Diferensiasi sosial
C. Metode Pembelajaran
o Informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o Diskusi
o ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat. | · Secara individu mengamati diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara individu mengamati stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender. | · Siswa dapat Mendeskrispsikan pengertian struktur sosial · Siswa dapat Mendeskripsikan diferensiasi sosial. · Siswa dapat Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan sosiologi yang telah dipelajari di kelas X b. Memotivasi Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran tentang struktur dan diferensiasi sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat gambaran tentang struktur sosial dan diferensiasi sosial dalam bentuk skema. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian , ciri struktur sosial, fungsi, dasn bentuk struktur sosial. Siswa membuat catatan singkat berdasarkan penjelasan guru.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 6. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengar penjelasan guru tentang diferensiasi sosial, dan bentuk-bentuk diferensiasi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 13. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membentuk kelompok kemudian membaca artikel dalam buku halaman 14, kemudian mendiskusikan bersama teman-temannya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa mengerjakan evaluasi dalam buku halaman 15-18. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitarnya, lalu mengelompokkan masyarakat berdasarkan diferensiasi sosial. Kemudian siswa membuat laporan atau tulisan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 2- 18.
o Kehidupan dalam masyarakat
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Alat-alat tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 6 dan 13.
o Hasil laporan siswa tentang keadaan masyarakat.
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 14
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
o Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
o Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o Pemikiran 6—8 = Cukup
o Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
1. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Mendeskrispsikan stratifikasi sosial
· Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
· Mendeskripsikan berbagai pengaruh stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
· Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o menjelaskan latar belakang timbulnya stratifikasi sosial
o menjelaskan dasar dan unsur-unsur stratifikasi sosial
o menjelaskan sifat dan fungsi stratifikasi sosial
o mengidentifikasi berbagai bentuk stratifikasi sosial
o membedakan berbagai pengaruh stratifikasi sosial berdasarkan, pengamatan atau kasus yang terdapat di masyarakat.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Hakikat Stratifikasi Sosial
o Wujud Stratifikasi Sosial
o Sistem Stratifikasi yang Pernah Ada di Indonesia
o Konsekuensi Stratifikasi Sosial
C. Metode Pembelajaran
o Informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o Diskusi
o ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat. | · Secara kelompok mendiskusikan macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat. · Secara klasikal mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat. · Secara individu menggali informasi melalui pengamatan tentang konsolidasi dan interseksi yang ada di dalam masyarakat. · Secara individu mengklasifikasikan konsolodasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat. | · Siswa dapat Mendeskrispsikan stratifikasi sosial · Siswa dapat Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat. · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai pengaruh stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat. · Siswa dapat Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan struktur dan diferensiasi sosial. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang stratifikasi sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran tentang stratifikasi sosial yang ditampilkan oleh siswa di power point atau OHP. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa memperhatikan beberapa gambar dalam buku. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru tentang hakikat stratifikasi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat stratifikasi sosial, dan wujud stratifikasi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 28 dan 32. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan pengaruh positif dan negatif akibat adanya stratifikasi sosial di Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk membuat kliping tentang stratifikasi sosial dan membuat laporan tentang perbedaan prilaku di antara kelas-kelas sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan II |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan hakikat dan wujud stratifikasi sosial.. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran dari guru tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membuat bagan stratifikasi sosial dalam masyarakat tempat tinggalnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 42-43. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. “ Siswa membuat tulisan tentang stratifikasi sosial dalam masyarakat. “ Siswa mempersiapkan diri untuk ulangan blok. |
Pertemuan III
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 20-48
o Kehidupan dalam masyarakat
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Alat-alat tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 28 dan 32
o Hasil laporan atau tulisan siswa
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 42-43.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
o Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
o Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o Pemikiran 6—8 = Cukup
o Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
2. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 44 - 48.
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar : 1. 2. Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
· Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat.
· Membedakan konflik dengan kekerasan dalam masyarakat
· Mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat.
· Mendeskripsikan proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat.
· Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial
· Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial
o mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat.
o mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik
o mendeskripsikan faktor pendorong integrasi sosial.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Pengaruh Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial
o Konflik Sosial
o Integrasi Sosial
C. Metode Pembelajaran
o Informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o Diskusi
o ceramah
o penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat. | · Secara berkelompok mengkaji contoh kasus konflik yang terjadi di masyarakat. · Berdiskusi secara kelompok untuk mengklasifikasikan berbagai konflik dalam masyarakat. · Secara klasikal mendiskusikan konflik dan kekerasan. · Secara individu menyimpulkan hasil diskusi tentang konflik dan kekerasan. · Secara klasikal mengkaji sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat. · Secara kelompok mensimulasikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.. | · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial · Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat. · Siswa dapat Membedakan konflik dengan kekerasan · Siswa dapat Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat. · Siswa dapat Mendeskripsikan proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat. · Siswa dapat Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial · Siswa dapat Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang stratifikasi sosial dalam masyarakat. b. Memotivasi Siswa mendengarkan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran tentang konflik sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran tentang skema konflik sosial dan integrasi sosial. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa memperhatikan beberapa gambar dalam buku tentang konflik yang terjadi dalam masyarakat. Atau siswa menonton film tentang konflik yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa membentuk kelompok lalu mendiskusikan masalah yang terjadi dalam film atau gambar tersebut dengan pertanyaan panduan dalam buku halaman 54 dan 67. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengaruh diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial dan konflik sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 54 dan 67.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama yaitu tentang pengaruh diferensiasi sosial, stratifikasi sosial dan konflik sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk membuat kliping tentang konflik yang terjadi di tanah air dan memberi komentar tentang artikel tersebut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan II |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mengumpulkan tugas kliping tentang konflik sosial yang telah dibuat oleh siswa. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan untuk membahas masalah konflik sosial. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran integrasi sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang potensi integrasi dalam masyarakat dengan tipologi yang telah disebut di atas. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang integrasi sosial. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan masalah konflik yang ada dalam klipingnya. Siswa dapat memperhatikan suruhannya dalam buku halaman 72-73. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mensimulasikan pertikaian atau konflik yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 72. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mempelajari masalah-masalah tentang Lumpur Lapindo kemudian membandingkan dengan artikel yang ada dalam buku halaman 73. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan III |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru bertanya tentang masalah integrasi sosial dalam masyarakat. Masalah-masalah apa saja yang bisa menyebabkan konflik sosial. b. Memotivasi Siswa diajak untuk membahas bersama kasus-kasus yang terjadi di negara Indonesia yang dapat menyebabkan konflik sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tujuan membahas kasus-kasus yang dapat menyebabkan konflik sosial. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang integrasi sosial. (mengulang penjelasan pada pelajaran yang lalu). (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa dibagi dalam kelompok kemudian mendiskusikan kasus Tragedi Lumpur Lapindo. Dalam diskusi, siswa juga mengacu pada kasus-kasus lain yang terjadi akibat lumpur Lapindo.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama secara keseluruhan tentang materi yang sudah dipelajari.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 75-78. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 50-78
o Kasus-kasus atau konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat.
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Alat-alat tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 54 dan 67
o Tugas kliping siswa.
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 54, 67,72, dan 73-74.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
o Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
o Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o Pemikiran 6—8 = Cukup
o Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar : 1. 3. Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat
· Membedakan mobilitas sosial dengan gerakan sosial
· Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.
· Mengidentifikasi cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas.
· Mendeskripsikan pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat.
· Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
· Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.
· Mengidentifikasi dampak mobilitas sosial.
· Mendeskripsikan hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o memahami konsep mobilitas sosial (social mobility)
o mengetahui beberapa bentuk mobilitas sosial
o mengerti faktor penghambat mobilitas sosial
o mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan untuk mobilitas ke atas.
o mengatahui saluran-saluran mobilitas.
o memahami konflik dan penyesuaian sebagai konsekuensi mobilitas sosial.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Pengertian mobilitas Sosial
o Bentuk Mobilitas Sosial
o Fatkor yang Mempengaruhi Mobilitas Sosial
o Cara Melakukan Mobilitas Soosial dan Salurannya
o Hubungan Mobilitas Sosial dengan Struktur Sosial
C. Metode Pembelajaran
o Informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o Diskusi
o ceramah
o penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. | · Secara klasikal mengamati visual tentang hubungan struktur sosial dengan mobilitas sosial. · Mendiskusikan secara kelompok tentang pengamatan visual. · Menyimpulkan hasil diskusi visual tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. · Secara individu mengkaji dampak mobilitas sosial pada kehidupan masyarakat kota melalui visual yang ditayangkan. · Secara individu mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang dampak mobilitas sosial. | · Siswa dapat Mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat · Siswa dapat Membedakan mobilitas sosial dengan gerakan sosial · Siswa dapat Mengidentifikasi cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas. · Siswa dapat Mendeskripsikan pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat. · Siswa dapat Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial. · Siswa dapat Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial. · Siswa dapat Mengidentifikasi dampak mobilitas sosial. · Siswa dapat Mendeskripsikan hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat Indonesia. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran mobilitas sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran skema mobilitas sosial. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian mobilitas sosial, bentuk mobilitas sosial, dan faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 82, 85, dan 88. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian mereka mendiskusikan faktor-faktor yang menyebabkan para pendatang di Jakarta gagal memperbaiki status ekonominya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan hasil diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama yaitu tentang pengertian mobilitas sosial, bentuk-bentuk mobilitas, dan faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mewawancarai masyarakat di sekitar rumah atau lingkungannya tentang mobilitas sosial. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan mereka melakukan mobilitas sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membuat dalam bentuk laporan singkat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan II |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang mobilitas sosial. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran integrasi sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang potensi integrasi dalam masyarakat dengan tipologi yang telah disebut di atas. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara melakukan mobilitas sosial dan salurannya serta hubungan mobilitas sosial dengan struktur sosial.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 91 dan 93. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas mengidentifikasi bentuk-bentuk mobilitas vertikal dan horisontal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan mendiskusikan artikel tentang 253 Pemenang Undian Beasiswa Tabungan Mandiri dari Columbia Group dalam buku halaman 93- 94. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan evaluasi dalam buku halaman 95-99. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan III |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 80-99
o Masalah perpindahan penduduk di negara Indonesia.
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Alat-alat tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku halaman 82, 85, dan 88.
o Tugas laporan wawancara siswa.
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 93- 94.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
o Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
o Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o Pemikiran 6—8 = Cukup
o Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar