PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas/Semester : XI / 2
Nama Guru : ...........................
NIP/NIK : ...........................
Sekolah : ...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar : 2. 1. Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
· Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
· Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
· Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o menjelaskan pengertian kebudayaan.
o mengidentifikasi unsur-unsur kebudayaan.
o mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
o mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Kebudayaan
1. 1. Hakikat Kebudayaan
1. 2. Hubungan Antara Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Masyarakat.
1. 3. Dinamika Unsur-Unsur Kebudayaan
C. Metode Pembelajaran
o Informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o Diskusi
o ceramah
o penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural | · Secara individu menggali informasi tentang kebudayaan yang ada dalam masyarakat tempat tinggalnya. · Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri- ciri kebudayaan. · Secara berkelompok mendiskusikan kebudayaan di daerahnya. | · Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian kebudayaan · Siswa dapat Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan. · Siswa dapat Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. · Siswa dapat Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan mobilitas atau sosiologi. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kebudayaan dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema kebudayaan yang akan dipelajari oleh para siswa. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru seputar kebudayaan. Misalnya, kebiasaan, adat-istiada dalam suatu masyarakat, dan agama. .(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kebudayaan. .(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa membuat laporan hasil pengamatannya tentang kebudayaan dalam masyarakatnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas atau latihan ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 115. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakikat kebudayaan. “ Siswa diberi tugas untuk mewawancarai pemuka masyarakat di lingkungannya tentang kebudayaan yang berlaku dalam masyarakatnya. |
Pertemuan II |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara tentang kebudayaan. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang hakikat kebudayaan. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajarai hubungan kebudayaan dengan masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamikanya dalam masyarakat. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa memperhatikan unsur-unsur kebudayaan yang ditunjuk oleh guru berupa unsur material kebudayaan. Misalnya, gambar candi, alat pertanian, dan orang sedang berdoa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan tersebut.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 125 dan 128. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Kemudian, mereka mendiskusikan artkel dalam buku halaman 128-129. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mengamati lingkungan masyarakatnya dan membuat laporan tentang unsur-unsur kebudayaan. Siswa juga diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal evaluasi seperti yang ada dalam buku halaman 130-134. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan III |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 108-134.
o Unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat.
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Alat-alat tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o Tugas laporan wawancara siswa.
o Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 130-134
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 128-129.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
o Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
o Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o Pemikiran 6—8 = Cukup
o Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar : 2. 2. Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Mengidentifikasi kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
· Mengklasifikasikan kelompok-kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
· Mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial.
· Mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o mendeskripsikan pengertian kelompok sosial.
o mengidentifikasi tipe-tipe kelompok sosial
o mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial
o mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Kelompok sosial
C. Metode Pembelajaran
o Informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o Diskusi
o ceramah
o penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | · Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa Indonesia bagian barat, tengah dan timur. · Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur. · Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial. | · Siswa dapat Mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. · Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial. · Membedakan konflik dengan kekerasan · Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kebudayaan. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema kelompok sosial dalam masyarakat. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kelompok sosial dan tipe-tipe kelompok sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 139 dan 146. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mereka mendiskusikan perbedaan antar kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial! (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman materi tentang kelompok sosial.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa melakukan post test berupa pertanyaan essey.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di daerahnya sendiri kemudia membuat laporannya. Laporannya bisa dibuat dengan pola yang ada dalam buku halaman 146. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan II |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mengumpulkan tugas laporan pengamatan masyarakat yang ada di daerah siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan tujuan menjalin hubungan dalam kelompok sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran guru tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 151. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 151. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atau rangkuman tentang materi yang dipelajari bersama. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 153-156. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mencari bahan tentang kelompok mayoritas dan minoritas. Dan bagaimana pola hubungan kelompok sosial tersebut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan III |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 136-156.
o Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Alat-alat tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o Tugas laporan wawancara siswa.
o Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 153-156.
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 140 dan 152-153.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
o Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
o Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o Pemikiran 6—8 = Cukup
o Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar : 2. 3. Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
o Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
o Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
o Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
o Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
o Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o menjelaskan pengertian masyarakat multikultural
o menganalisis dinamika kelompok dalam masyarakat multikultural
o mendeskripsikan realitas masyarakat Indonesia sebagai masyarakat multikultural.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Masyarakat Multikultural
C. Metode Pembelajaran
o Informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o Diskusi
o ceramah
o penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. | · Menggali berbagai informasi tentang pengertian masyarakat multikultural dan pengertian multikulturalisme · Menggali dari berbagai sumber belajar tentang faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural. · Menjelaskan sikap yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural. · Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial. · Secara kelompok mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial. | · Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme. · Siswa dapat Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural. · Siswa dapat Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural. · Siswa dapat Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat. · Siswa dapat Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari masyarakat multikultural. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema msyarakat multikultural. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa menjawab pertanyaan tentang kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang masyarakat multikultural dan multikulturalisme dan faktor-faktor yang mempengaruhi perlunya masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 160 dan 162. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengarang tentang masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa merancang sebuah slogan atau kata mutiara yang menggambarkan penilaiannya terhadap multikulturalisme. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara lisan tentang masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk menyempurnakan karangannya agar bisa dikirim ke media massa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan II |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mengumpulkan tugas berupa karangan untuk diseleksi guru. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari realitas sosial masyarakat Indonesia. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan beberapa gambaran yang telah dibuat oleh guru tentang realitas sosial dan mewujudkan masyarakat multikultural. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pengelompokkan masyarakat Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang realitas sosial masyarakat Indonesia dan mewujudkan masyarakat multikultural. Serta Manfaat masyarakat multikultural.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 169 dan 170. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membuat ulasan berdasarkan pengamatannya tentang hal-hal positif yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 172-173. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 174-177. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mengerjakan tugas tentang mafnaat yang dirasakan dalam kegiatan di sekolah. Dan merancang untuk kegiatan diskusi atau seminar. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan III |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 158-177
o Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Alat-alat tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o Tugas laporan wawancara siswa.
o Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 174-177.
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 172-173.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
o Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
o Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o Pemikiran 6—8 = Cukup
o Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar