Cari Blog Ini

Rabu, 07 Desember 2011

RPP SOSIOLOGI SMA XI-2 (PENDIKAR)

PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
 PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

Mata Pelajaran         : Sosiologi
Program                    : Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS)
Satuan Pendidikan   : SMA / MA
Kelas/Semester        : XI / 2

Nama Guru                : ...........................
NIP/NIK                    : ...........................
Sekolah                     : ...........................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X I / 2
Standar Kompetensi   : 2.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar      : 2. 1.   Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam                                         masyarakat multikultural.                                         
Indikator Pencapaian Kompetensi      :
·         Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
·         Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
·         Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
·         Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan. 
Alokasi Waktu       :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o    menjelaskan pengertian kebudayaan.
o    mengidentifikasi unsur-unsur kebudayaan.
o    mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
o    mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
   Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
                   

B.  Materi Pembelajaran

o    Kebudayaan
1. 1. Hakikat Kebudayaan
1. 2. Hubungan Antara Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Masyarakat.
1. 3. Dinamika Unsur-Unsur Kebudayaan

C.  Metode Pembelajaran

o    Informasi
o    kerja mandiri
o    eksplorasi
o    Diskusi
o    ceramah
o    penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural
·   Secara individu menggali informasi tentang kebudayaan yang ada dalam masyarakat tempat tinggalnya.
·   Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri- ciri kebudayaan.
·   Secara berkelompok mendiskusikan kebudayaan di daerahnya.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
·   Siswa dapat  Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan. 

D.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan mobilitas atau sosiologi.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kebudayaan dalam masyarakat.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema kebudayaan yang akan dipelajari oleh para siswa.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru seputar kebudayaan. Misalnya, kebiasaan, adat-istiada dalam suatu masyarakat, dan agama. .(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kebudayaan. .(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa membuat laporan hasil pengamatannya tentang kebudayaan dalam masyarakatnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengerjakan tugas atau latihan ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 115.   
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);


3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakikat kebudayaan.
  Siswa diberi tugas untuk mewawancarai pemuka masyarakat di lingkungannya tentang kebudayaan yang berlaku dalam masyarakatnya.



Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara tentang kebudayaan. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang hakikat kebudayaan.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajarai hubungan kebudayaan dengan masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamikanya dalam masyarakat.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa memperhatikan unsur-unsur kebudayaan yang ditunjuk oleh guru berupa unsur material kebudayaan. Misalnya, gambar candi, alat pertanian, dan orang sedang berdoa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan tersebut.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 125 dan 128. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Kemudian, mereka mendiskusikan artkel dalam buku halaman 128-129. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mengamati lingkungan masyarakatnya dan membuat laporan tentang unsur-unsur kebudayaan. Siswa juga diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal evaluasi seperti yang ada dalam buku halaman 130-134.   (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);




Pertemuan III

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



E.  Sumber pembelajaran:

o    Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman  108-134.
o    Unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat.
o    Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.   Media

o    Papan tulis
o    Alat-alat tulis
o    Lembar soal
o    Transparan Konsep
o    Power Point
o    OHP

G. Penilaian

o    Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o    Tugas laporan wawancara siswa.
o    Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman  130-134                       
o    Diskusi kelompok dalam buku halaman 128-129.

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
o    Kemampuan menyampaikan pendapat.
o    Kemampuan memberikan argumentasi.
o    Kemampuan memberikan kritik.
o    Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o    Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o    Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11   = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
o    Aktivitas dalam kelompok                              2—15             = Sangat baik 
o    Tanggung jawab individu                               9—11              = Baik
o    Pemikiran                                                        6—8                = Cukup         
o    Keberanian berpendapat                                 3—5                = Kurang        
o    Keberanian tampil         


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X I / 2
Standar Kompetensi   : 2.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar      : 2. 2.   Menganalisis  perkembangan kelompok sosial dalam                                     masyarakat multikultural.                                        
Indikator Pencapaian Kompetensi      :
·         Mengidentifikasi kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·         Mengklasifikasikan kelompok-kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·         Mendeskripsikan  dimensi hubungan antarkelompok sosial.
·         Mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia.
Alokasi Waktu       :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o  mendeskripsikan pengertian kelompok sosial.
o  mengidentifikasi tipe-tipe kelompok sosial
o  mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial
o  mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.

B.  Materi Pembelajaran

o  Kelompok sosial

C.  Metode Pembelajaran

o  Informasi
o  kerja mandiri
o  eksplorasi
o  Diskusi
o  ceramah
o  penugasan


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
·   Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
·   Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
·   Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.
·   Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.
·   Membedakan konflik dengan kekerasan
·   Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.

D.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kebudayaan.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema kelompok sosial dalam masyarakat.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kelompok sosial dan tipe-tipe kelompok sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 139 dan 146.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mereka mendiskusikan perbedaan antar kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial! (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman materi tentang kelompok sosial.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa melakukan post test berupa pertanyaan essey.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di daerahnya sendiri kemudia membuat laporannya. Laporannya bisa dibuat dengan pola yang ada dalam buku halaman 146. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);




Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas laporan pengamatan masyarakat yang ada di daerah siswa.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan tujuan menjalin hubungan dalam kelompok sosial.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran guru tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat. 


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 151. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 151. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan atau rangkuman tentang materi yang dipelajari bersama. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 153-156.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mencari bahan tentang kelompok mayoritas dan minoritas. Dan bagaimana pola hubungan kelompok sosial tersebut.   (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



Pertemuan III

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



E.  Sumber pembelajaran:

o  Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman  136-156.
o  Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
o  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.   Media

o  Papan tulis
o  Alat-alat tulis
o  Lembar soal
o  Transparan Konsep
o  Power Point
o  OHP

G. Penilaian

o  Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o  Tugas laporan wawancara siswa.
o  Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman  153-156.
o  Diskusi kelompok dalam buku halaman 140 dan 152-153.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama














Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
o  Kemampuan menyampaikan pendapat.
o  Kemampuan memberikan argumentasi.
o  Kemampuan memberikan kritik.
o  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o  Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11    = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
o  Aktivitas dalam kelompok                                2—15             = Sangat baik 
o  Tanggung jawab individu                                  9—11              = Baik
o  Pemikiran                                                           6—8                = Cukup         
o  Keberanian berpendapat                                    3—5                = Kurang        
o  Keberanian tampil           


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X I / 2

Standar Kompetensi   : 2.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar      : 2. 3.   Menganalisis  keanekaragaman kelompok sosial dalam                                  masyarakat multikultural.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
o   Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
o   Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
o   Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
o   Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
o   Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat.
Alokasi Waktu       :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o  menjelaskan pengertian masyarakat multikultural
o  menganalisis dinamika kelompok dalam masyarakat multikultural
o  mendeskripsikan realitas masyarakat Indonesia sebagai masyarakat multikultural.
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
               

B.  Materi Pembelajaran

o  Masyarakat Multikultural

C.  Metode Pembelajaran

o  Informasi
o  kerja mandiri
o  eksplorasi
o  Diskusi
o  ceramah
o  penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
·   Menggali berbagai informasi tentang pengertian masyarakat multikultural dan pengertian multikulturalisme
·   Menggali dari berbagai sumber belajar tentang faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
·   Menjelaskan sikap yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural.
·   Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
·   Secara kelompok mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
·   Siswa dapat   Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
·   Siswa dapat  Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
·   Siswa dapat  Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
·   Siswa dapat  Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat.



D.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan siswa.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari masyarakat multikultural.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema msyarakat multikultural.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa menjawab pertanyaan tentang kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang masyarakat multikultural dan multikulturalisme dan faktor-faktor yang mempengaruhi perlunya masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 160 dan 162.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengarang tentang masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa merancang sebuah slogan atau kata mutiara yang menggambarkan penilaiannya terhadap multikulturalisme. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa oleh guru.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang masyarakat multikultural.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara lisan tentang masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk menyempurnakan karangannya agar bisa dikirim ke media massa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.     Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas  berupa karangan untuk diseleksi guru.
b.    Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan  mempelajari realitas sosial masyarakat Indonesia.
c.     Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan beberapa gambaran yang telah dibuat oleh guru tentang realitas sosial dan mewujudkan masyarakat multikultural. 


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pengelompokkan masyarakat Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang realitas sosial masyarakat Indonesia dan mewujudkan masyarakat multikultural. Serta Manfaat masyarakat multikultural.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku  halaman 169 dan 170. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membuat ulasan berdasarkan pengamatannya tentang hal-hal positif yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 172-173.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 174-177. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mengerjakan tugas tentang mafnaat yang dirasakan dalam kegiatan di sekolah. Dan merancang untuk kegiatan diskusi atau seminar.    (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



Pertemuan III

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.     Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
b.    Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.     Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



E.  Sumber pembelajaran:

o  Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman  158-177
o  Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
o  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.   Media

o  Papan tulis
o  Alat-alat tulis
o  Lembar soal
o  Transparan Konsep
o  Power Point
o  OHP

G. Penilaian

o  Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o  Tugas laporan wawancara siswa.
o  Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman  174-177.
o  Diskusi kelompok dalam buku halaman   172-173. 

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
o  Kemampuan menyampaikan pendapat.
o  Kemampuan memberikan argumentasi.
o  Kemampuan memberikan kritik.
o  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o  Kelancaran berbicara.


Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11   = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

 

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
o  Aktivitas dalam kelompok                                2—15             = Sangat baik 
o  Tanggung jawab individu                                  9—11              = Baik
o  Pemikiran                                                           6—8                = Cukup         
o  Keberanian berpendapat                                    3—5                = Kurang        
o  Keberanian tampil           


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons