PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas/Semester : X / 1
Nama Guru : ...........................
NIP/NIK : ...........................
Sekolah : ...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji
hubungan masyarakat dan lingkungan.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
· Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
· Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
· Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian tentang sosiologi, objek sosiologi dan tujuan sosiologi.
2. menjelaskan sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan
3. mendeskrispsikan sejarah perkembangan sosiologi.
4. menjelaskan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
5. mendeskripsikan peran sosiolog dalam masyarakat.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat sosiologi
2. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
3. Sejarah Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | · Secara berkelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi. · Secara berkelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial. · Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat | · Siswa dapat Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode · Siswa dapat Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial. · Siswa dapat Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1.
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan b. Apresepsi Kelas dipersiapkan seperti absensi, kebersihan kelas, dan ketenangan. c. Memotivasi Siswa diberi penjelasan tentang pokok bahasan, pengertian, contoh, pemahaman materi yang akan dipelajari. d. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan akhir dari pembelajaran materi pada hari itu. | 10 menit | |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat sosiologi, sosiologi sebagai ilmu, sejarah perkembangan sosiologi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 10, 12, dan 16. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 30 menit | |
3. | Kegiatan Akhir “ Mengadakan post test. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Guru memberi tugas mengumpulkan artikel yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 10 menit |
Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang masalah-masalah sosial yang dialaminya dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai. | 10 menit | |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain dan peran sosiologi dalam realitas masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa dan guru membuat bagan tentang hubungan sosiologi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa menulis beberapa masalah sosial yang sering terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membentuk kelompok diskusi kemudian mendiskusikan masalah sosial-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Masalah sosial bisa diambil dari buku halaman 25 -26. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 30 menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi “ Guru memberi beberapa kesimpulan tentang kedudukan sosiologi dan perannya dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal akhir bab untuk ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 10 menit |
Pertemuan 3
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Guru memberitahu tentang tujuan ulangan blok dan memberi semangat pada siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. | 10 menit | |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru. Soal berupa hasil pilihan ganda, uraian dan juga skala sikap. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaanny kepada gurunya untuk diperiksa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 30 menit | |
3. | Kegiatan Akhir “ Guru dan siswa menjawab bersama soal-soal yang sudah dijadikan bahan ulangan umum. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari bahan tentangn nilai dan norma sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 10 menit |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 2- 30.
2. Masalah-masalah sosial
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
5. OHP
G. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan 16.
2. Mengidentifikasi masalah sosial halaman 25.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 27 – 30.
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1.2. Mendeskripiskan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator Pencapaian Kompetensi:
· Menjelaskan nilai dan norma.
· Membedakan nilai dan norma.
· Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat.
· Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (2 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o mendeskripsikan pengertian nilai sosial.
o mendeskrispsikan ciri-ciri, fungsi, dan macam-macam nilai sosial
o menjelaskan pengertian norma sosial
o menjelaskan macam-macam norma sosial
o mengidentifikasi tingkatan norma dalam masyarakat.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Hakikat Nilai dan Macam-Macam Nilai Sosial
o Hakikat Norma, Tingkatan, dan Jenis-Jenis Norma dalam Masyarakat
C. Metode Pembelajaran
o informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripis-kan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | · Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. · Merumuskan solusi dalam penanganana pelanggaran nilai dan norma. | · Siswa dapat Menjelaskan nilai dan norma. · Siswa dapat Membedakan nilai dan norma · Siswa dapat Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat. · Siswa dapat Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan “ Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, memeriksa atau mengumpulkan tugas, kebersihan kelas dan lain-lain) “ Memotivasi Guru memberi pengantar tentang pokok bahasan baru yaitu nilai dan norma sosial. Untuk apa nilai dan norma sosila dalam hidup bermasyarakat. “ Guru menjelaskan tentang tentang tujuan pembelajaran nilai dan norma sosial. | 10 menit | |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang nilai dan macam-macam nilai sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa dibagi dalam kelompok, lalu mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang ada dalam buku halaman 33. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 37. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagikan dalam beberapa kelompok. Kemudian siswa diminta untuk mendiskusikan nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat. Dan nilai-nilai apa saja yang mempengaruhi dirinya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 60 menit | |
3. | Kegiatan Akhir “ Refleksi Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 40. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk menanyakkan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 10 menit |
2. Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan “ Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, memeriksa kebersihan kelas dan lain-lain) “ Memotivasi Guru menjelaskan tentang norma-norma yang ada dalam masyarakat. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan seputar peraturan-peraturan yang ada dalam masyarakat. “ Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan tujuan mempelajari norma yang ada dalam masyarakat. | 10 Menit | |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian norma, tingkatan dan macam-macam norma. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa menulis beberapa norma yang berlaku dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Salah seorang siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa memperhatikan guru membuat bagan perbedaan antara norma-norma yang ada dalam masyarakat. Kemudian siswa membuatnya sendiri. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusian pertanyaan berdasarkan kasus yang ada dalam buku halaman 46. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu jalannya diskusi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir “ Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang pengertian norma dan macam-macam norma dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penugasan Guru memberi tugas untuk mempelajari materi yang sudah diajarkan untuk mempersiapkan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 10 menit |
3. Pertemuan III.
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | ket |
1. | Pendahuluan “ Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk mengikuti ulangan blok. Menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti ulangan blok “ Memotivasi Guru mengajak siswa untuk mengingat pelajaran yang sudah dipelajari terutama tentang nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. | 5 Menit | |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa dibagikan soal-soal yang sudah disiapkan oleh guru. Bentuk soal-soalny adalah pilihan ganda dan uraian serta skala sikap. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal yang telah dibagikan (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir “ Refleksi Siswa dan guru menjawab bersama soal-soal yang sudah dikerjakan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penilaian Guru memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa dalam ulangan blok (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penugasan Guru memberi tugas untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan yang berikut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 15 Menit |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 32-52
o Masalah-masalah sosial
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan 16.
o Mengidentifikasi masalah sosial halaman 25.
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
o Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
o Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o Pemikiran 6—8 = Cukup
o Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
1. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator Pencapaian Kompetensi:
· Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial
· Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
· Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial.
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o mendeskripsikan pengertian interaksi sosial
o mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong interaksi sosial
o mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi yang mendorong terciptanya lembaga, kelompok, dan organisasi sosial..
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Hakikat Interaksi Sosial
o Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial
o Status, Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
o Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
C. Metode Pembelajaran
o informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial. | · Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial · Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru. · Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial. | · Siswa dapat Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial · Siswa dapat Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial · Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | ket |
1. | Pendahuluan “ Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas) “ Memotivasi Guru menjelaskan materi tentang interaksi sosial dalam masyarakat. “ Rambu-rambu belajar Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut. | 10 Menit | |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa menulis pengalaman berinteraksi dengan orang lain atau menceritakan pengalaman berinteraksi sosial dengan teman sebangku. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Guru menjelaskan hakikat interaksi sosial dan faktor-faktor pendorong interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” pada buku halaman 61 dan 68. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain bisa menanggapi hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir “ Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman tentang haikat interaksi dan faktor-faktor pendorong interaksi sosial dalam masyarakat. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 10 Menit |
2. Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan “ Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti pelajaran. “ Memotivasi Guru menjelaskan pentingya status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial. | 10 Menit | |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengar penjelasan guru tentang pengertian status dan peranan individu dalam interaksi sosial dan mengukur hubungan individu dalam interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa megerjakan tugas yang ada pada uji penguasaan materi dalam buku halaman 73. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 73. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Guru membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir “ Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penilaian Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 10 menit |
3. Pertemuan III.
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | ket |
1. | Pendahuluan“ Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas). “ Memotivasi Guru menjelaskan betapa pentingnya bentuk-bentuk interaksi sosial dalam keteraturan sosial. | 10 menit | |
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk interaksi sosial: hubungan ketaraturan sosial dan interaksi sosial, dan bentuk-bentuk interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa secara sendiri-sendiri mencari bahan tentang bentuk interaksi sosial dari sumber lain. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal yang ada dalam uji penguasaan materi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 82. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir“ Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman tentang bentuk-bentuk interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penilaian Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan diri untuk ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 10 Menit |
4. Pertemuan IV
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok. b. Memotivasi Guru menjelaskan tujuan ulangan blok. | 5 Menit | |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Guru membagikan soal yang telah disiapkan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan pekerjaannya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 65 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir “ Refleksi Siswa dan guru membahas bersama soal-soal yang telah dikerjakan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penilaian Guru memberi penilaian terhadap ulangan blok siswa (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengulangi materi yang telah menjadi bahan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 54 - 86
o Masalah-masalah sosial
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 61, 68, 73.
o Melakukan pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat dalam buku halaman 82
o Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 84-86
o Penilaian hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
o Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
o Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o Pemikiran 6—8 = Cukup
o Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar