PERANGKAT PEMBELAJARAN
Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Bidang : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas/Semester : X s/d XII/1-2
Nama Guru : ...........................
NIP/NIK : ...........................
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran Sosiologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Sosiologi ditinjau dari sifatnya digolongkan sebagai ilmu pengetahuan murni (pure science) bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science). Sosiologi dimaksudkan untuk memberikan kompetensi kepada peserta didik dalam memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai pada terciptanya integrasi sosial. Sosiologi mempunyai dua pengertian dasar yaitu sebagai ilmu dan sebagai metode. Sebagai ilmu, sosiologi merupakan kumpulan pengetahuan tentang masyarakat dan kebudayaan yang disusun secara sistematis berdasarkan analisis berpikir logis. Sebagai metode, sosiologi adalah cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Dalam kedudukannya sebagai sebuah disiplin ilmu sosial yang sudah relatif lama berkembang di lingkungan akademika, secara teoretis sosiologi memiliki posisi strategis dalam membahas dan mempelajari masalah-masalah sosial-politik dan budaya yang berkembang di masyarakat dan selalu siap dengan pemikiran kritis dan alternatif menjawab tantangan yang ada. Melihat masa depan masyarakat kita, sosiologi dituntut untuk tanggap terhadap isu globalisasi yang di dalamnya mencakup demokratisasi, desentralisasi dan otonomi, penegakan HAM, good governance (tata kelola pemerintahan yang baik), emansipasi, kerukunan hidup bermasyarakat, dan masyarakat yang demokratis.
Pembelajaran sosiologi dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman fenomena kehidupan sehari-hari. Materi pelajaran mencakup konsep-konsep dasar, pendekatan, metode, dan teknik analisis dalam pengkajian berbagai fenomena dan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan nyata di masyarakat. Mata pelajaran Sosiologi diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari IPS, sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.
B. Tujuan
Mata pelajaran sosiologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai dengan terciptanya integrasi sosial
2. Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat
3. Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Sosiologi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Struktur sosial
2. Proses sosial
3. Perubahan sosial
4. Tipe-tipe lembaga sosial.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | 1.1 Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan 1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat 1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial | “ Toleransi “ Demokratis “ Rasa Ingin tahu “ Semangat kebangsaan “ Bersahabat “ Cinta Tanah Air “ Cinta Damai “ Peduli social “ Tanggung Jawab | “ Kepemimpinan “ Percaya diri “ Berorientasi Tugas dan Hasil “ Jujur “ Ulet |
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian | 2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian 2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial 2.3 Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat | “ Toleransi “ Disiplin “ Demokratis “ Rasa Ingin tahu “ Semangat kebangsaan “ Bersahabat “ Cinta Tanah Air “ Cinta Damai “ Peduli social “ Tanggung Jawab | “ Kepemimpinan “ Percaya diri “ Berorientasi Tugas dan Hasil “ Jujur “ Ulet |
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial | 1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan 1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat 1.3 Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial | “ Toleransi “ Rasa Ingin tahu “ Semangat kebangsaan “ Bersahabat “ Cinta Damai “ Peduli social “ Tanggung Jawab | “ Kepemimpinan “ Percaya diri “ Berorientasi Tugas dan Hasil “ Jujur “ Ulet |
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
2. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | 2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural 2.2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural 2.3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | “ Toleransi “ Disiplin “ Demokratis “ Rasa Ingin tahu “ Bersahabat “ Cinta Tanah Air “ Cinta Damai “ Peduli social “ Tanggung Jawab | “ Kepemimpinan “ Percaya diri “ Berorientasi Tugas dan Hasil “ Jujur “ Ulet |
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1. Memahami dampak perubahan sosial | 1.1 Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat 1.2 Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat | “ Toleransi “ Disiplin “ Demokratis “ Rasa Ingin tahu “ Semangat kebangsaan “ Cinta Tanah Air “ Cinta Damai “ Peduli Lingkungan “ Peduli social “ Tanggung Jawab | “ Kepemimpinan “ Percaya diri “ Berorientasi Tugas dan Hasil “ Jujur “ Ulet |
2. Memahami lembaga sosial | 2.1 Menjelaskan hakikat lembaga sosial 2.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial 2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial | “ Toleransi “ Disiplin “ Demokratis “ Rasa Ingin tahu “ Semangat kebangsaan “ Cinta Tanah Air “ Cinta Damai “ Peduli Lingkungan “ Peduli social “ Tanggung Jawab | “ Kepemimpinan “ Percaya diri “ Berorientasi Tugas dan Hasil “ Jujur “ Ulet |
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
3. Mempraktikkan metode penelitian sosial | 3.1 Merancang metode penelitian sosial secara sederhana 3.2 Melakukan penelitian sosial secara sederhana 3.3 Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana | “ Toleransi “ Rasa Ingin tahu “ Bersahabat “ Cinta Tanah Air “ Cinta Damai “ Peduli Lingkungan “ Peduli social “ Tanggung Jawab | “ Kepemimpinan “ Percaya diri “ Berorientasi Tugas dan Hasil “ Jujur “ Ulet |
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 comments:
Posting Komentar