PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas/Semester : XII / 2
Nama Guru : ...........................
NIP/NIK : ...........................
Sekolah : ...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2
Standar Kompetensi : 2. Mempraktekkan metode penelitian sosial
Kompetensi Dasar : 2. 1.Merancang metode penelitian secara sederhana
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
· Menentukan topik atau judul penelitian.
· Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½ mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian.
½ menentukan topik atau judul penelitian
½ merumuskan masalah penelitian
½ merumuskan rancangan penelitian sosial budaya
½ memilih metode penelitian
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
½ Penelitian Sosial
C. Metode Pembelajaran
½ informasi
½ kerja mandiri
½ tanya-jawab
½ eksplorasi
½ diskusi
½ ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Merancang metode penelitian sosial secara sederhana. | · Secara kelompok mengidentifikasi kasus sosial budaya sebagai bahan penelitian. · Membuat latar belakang masalah · Mengidentifikasi maslaah · Membuat pembatasan masalah | · Siswa dapat Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian · Siswa dapat Menentukan topik atau judul penelitian. · Siswa dapat Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang lembaga sosial. b. Memotivasi Guru menjelaskan tujuan pembelajaran penelitian sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema penelitian sosial. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang proses berpikir, dan rancangan penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 106, dan 111. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa memberi tanggapan tertulis tentang hubungan karya seorang pengarang dengan keadaan sosial masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok atau dengan kelompok yang lama. Siswa mendiskusikan penelitian seseorang tentang kecenderungan anak-anak menggunakan waktu luangnya untuk bermain playstation. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. Siswa mencatat beberapa hal yang penting. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengadakan post test tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 2 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar proses berpikir dan rancangan penelitian. b. Memotivasi Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilik topik atau judul, merumuskan masalah, memilih sampel, dan syarat-syarat data yang baik.. c. Rambu-rambu belajar Guru memberi tahu cara menentukan topik yang baik, merumuskan masalah, memilih sampel, dan memilih data. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang menentukan topik, merumuskan pertanyaan masalah, memilih sampel penelitian dan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian menentukan topik atau judul penelitian, lalu merumuskan masalah, menentukan sampel penelitian, dan memperkirakan data yang akan diperoleh. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 121. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa diberi tugas untuk membuat penelitian sendiri, merumuskan masalah, dan merancang penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 122-126. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 3 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
½ Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 88-126.
½ Pengalaman siswa tentang penelitian sosial
½ Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
½ Papan tulis
½ Alat-alat tulis
½ Lembar soal
½ Transparan Konsep
½ Power Point
½ OHP
G. Penilaian
½ Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 122-126
½ Laporan siswa tentang hasil penelitian sederhana
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2
Standar Kompetensi : 2. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 2. 2.Melakukan penelitian sosial secara sederhana.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Menjelaskan arti pengumpulan data
· Menjelaskan cara-cara pengumpulan data
· Melaksanakan penelitian secara sederhana
· Mendeskrispsikan jenis hubungan data
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½ menjelaskan arti pengumpulan data penelitian
½ menggunakan angket atau kuesioner
½ melakukan observasi
½ melakukan wawancara
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
½ Pegumpulan data
C. Metode Pembelajaran
½ informasi
½ kerja mandiri
½ tanya-jawab
½ eksplorasi
½ diskusi
½ ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Melakukan penelitian sosial. | · Secara kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumpulkan dan pengolahan data hasil penelitian sosial. · Memberi tangggapan atas suatu kasus. · Membuat laporan kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara. · Secara individu melakukan pengolahan data. · Secara kelompok merumuskan tahap-tahap pengolahan data. | · Siswa dapat Menjelaskan arti pengumpulan data · Siswa dapat Menjelaskan cara-cara pengumpulan data. · Siswa dapat Melaksanakan penelitian secara sederhana. · Siswa dapat Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data, pengorganisasian data. · Siswa dapat Mendeskrispsikan jenis hubungan data. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang penelitian sosial dan mengumpulkan tugas. b. Memotivasi Guru menjelaskan metode pengumpulan data. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema pengumpulan data. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian pengumpulan data, studi kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru bertanya jawab tentang penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa membuat ikhtisar tentang metode kepustakaan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membuat angket untuk mengumpulkan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan singkat tentang ikhtisar dan angket yang dibuat siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari yaitu metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengadakan post test tentang metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket dari buku halaman 133. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 2 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengumpulan data. b. Memotivasi Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam observasi dan wawancara. c. Rambu-rambu belajar Guru memberi tahu cara observasi dan wawancara. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa membuat daftar observasi sesuai dengan topik yang telah dipilih. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dasri buku halaman 138. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 139. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang metode observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan soal evaluasi untuk persiapan ulangan blok dalam buku halaman 141-144. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
½ Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 128-144
½ Pengalaman siswa tentang melakukan studi pustaka, membuat angket, observasi dan wawancara.
½ Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
½ Papan tulis
½ Alat-alat tulis
½ Lembar soal
½ Transparan Konsep
½ Power Point
½ OHP
G. Penilaian
½ Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 122-126
½ Laporan siswa tentang hasil observasi dan wawancara.
½ Diskusi kelompok dalam buku halaman 139.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
½ Kemampuan menyampaikan pendapat.
½ Kemampuan memberikan argumentasi.
½ Kemampuan memberikan kritik.
½ Kemampuan mengajukan pertanyaan.
½ Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
½ Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2
Standar Kompetensi : 2. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 2. 2.Melakukan penelitian sosial secara sederhana.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Menjelaskan arti pengumpulan data
· Menjelaskan cara-cara pengumpulan data
· Melaksanakan penelitian secara sederhana
· Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data, pengorganisasian data.
· Mendeskrispsikan jenis hubungan data.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (8 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½ menjelaskan arti pengumpulan data penelitian
½ menggunakan angket atau kuesioner
½ melakukan observasi
½ melakukan wawancara
½ mendeskripsikan tahap-tahap pengolahan data
½ menjelaskan pengorganisasian data
½ menjelaskan pengolahan data
½ mendeskripsikan jenis hubungan data
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
½ Pegumpulan data
½ Pengolahan data
C. Metode Pembelajaran
½ informasi
½ kerja mandiri
½ tanya-jawab
½ eksplorasi
½ diskusi
½ ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Melakukan penelitian sosial. | · Secara kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumpulkan dan pengolahan data hasil penelitian sosial. · Memberi tangggapan atas suatu kasus. · Membuat laporan kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara. · Secara individu melakukan pengolahan data. · Secara kelompok merumuskan tahap-tahap pengolahan data. | · Siswa dapat Menjelaskan arti pengumpulan data · Siswa dapat Menjelaskan cara-cara pengumpulan data. · Siswa dapat Melaksanakan penelitian secara sederhana. · Siswa dapat Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data, pengorganisasian data. · Siswa dapat Mendeskrispsikan jenis hubungan data. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang penelitian sosial dan mengumpulkan tugas. b. Memotivasi Guru menjelaskan metode pengumpulan data. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema pengumpulan data. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian pengumpulan data, studi kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru bertanya jawab tentang penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membuat ikhtisar tentang metode kepustakaan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membuat angket untuk mengumpulkan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan singkat tentang ikhtisar dan angket yang dibuat siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari yaitu metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengadakan post test tentang metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket dari buku halaman 133. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 2 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengumpulan data. b. Memotivasi Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam observasi dan wawancara. c. Rambu-rambu belajar Guru memberi tahu cara observasi dan wawancara. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa membuat daftar observasi sesuai dengan topik yang telah dipilih. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dasri buku halaman 138. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 139. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang metode observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan soal evaluasi untuk persiapan ulangan blok dalam buku halaman 141-144. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 3 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengumpulan data. b. Memotivasi Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan pengolahan data seperti editing, coding. c. Rambu-rambu belajar Guru memberi tahu cara mengolah data yang baik. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang tahap-tahap mengolah data, mengorganisasi data, mengolah data, dan jenis hubungan data. “ Siswa mempersiapkan analisis data seperti editing dan pengkodean. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa melakukan pengorganisasian data yang telah diediting dan diberi kode. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa siswa mengolah data dengan menggunakan cara pengolahan data statistik ataupun nonstatistik. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 151 dan 166. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang baru saja dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Guru memberi post test tentang materi pengolahan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan soal evaluasi dari buku halaman 167- 170. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
½ Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 128-170.
½ Pengalaman siswa tentang melakukan studi pustaka, membuat angket, observasi dan wawancara.
½ Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
½ Papan tulis
½ Alat-alat tulis
½ Lembar soal
½ Transparan Konsep
½ Power Point
½ OHP
G. Penilaian
½ Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 122-126
½ Laporan siswa tentang hasil observasi dan wawancara.
½ Hasil pengolahan data dari siswa.
½ Diskusi kelompok dalam buku halaman 139.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
½ Kemampuan menyampaikan pendapat.
½ Kemampuan memberikan argumentasi.
½ Kemampuan memberikan kritik.
½ Kemampuan mengajukan pertanyaan.
½ Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
½ Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
½ Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
½ Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
½ Pemikiran 6—8 = Cukup
½ Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
½ Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2
Standar Kompetensi : 2. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 2. 3. Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara
sederhana.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana.
· Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½ Menyusun garis besar laporan
½ Menyusun hasil penelitian
½ Membuat laporan penelitian
½ Mempresentasikan hasil penelitian
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
½ Penulisan Laporan Penelitian
C. Metode Pembelajaran
½ informasi
½ kerja mandiri
½ tanya-jawab
½ eksplorasi
½ diskusi
½ ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana | · Secara kelompok membuat laporan penelitian. · Secara kelompok mempresentasikan laporan hasil penelitian. | · Siswa dapat Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana. · Siswa dapat Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang pengolahan data. b. Memotivasi Guru menjelaskan metode penulisan laporan hasil penelitian. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema penulisan laporan penelitian. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang menyusun garis besar laporan penelitian, menyusun hasil penelitian, merumuskan kesimpulan dan melakukan diskusi sebelum menampilkan laporan. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa membuat susunan secara garis besar laporan penelitian berdasarkan data yang sudah diolah. “ Siswa secara berkelompok menyusun hasil penelitian dalam bentuk laporan. “ Siswa secara berkelompok membuat kesimpulan dari hasil penelitian. “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 177 – 181. “ Siswa secara berkelompok membacakan laporan hasil penelitian di depan kelas. Beberapa siswa dipilih sebagai presenter, moderator, penanggap, dan notulen. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang penulisan laporan penelitian. “ Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi dari buku halaman 182-184. |
Pertemuan 2
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
½ Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 172 –184.
½ Pengalaman siswa membuat laporan hasil penelitian
½ Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
½ Papan tulis
½ Alat-alat tulis
½ Lembar soal
½ Transparan Konsep
½ Power Point
½ OHP
G. Penilaian
½ Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
½ Laporan hasil penelitian
½ Diskusi kelompok berdasarkan laporan hasil penelitian.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
½ Kemampuan menyampaikan pendapat.
½ Kemampuan memberikan argumentasi.
½ Kemampuan memberikan kritik.
½ Kemampuan mengajukan pertanyaan.
½ Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
½ Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar