PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
 PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran         : Sosiologi
Program                    : Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS)
Satuan Pendidikan   : SMA / MA
Kelas/Semester        : X / 2
Nama Guru                : ...........................
NIP/NIK                    : ...........................
Sekolah                     : ...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X/ 2
Standar Kompetensi   : 2 .      Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan                                                    kepribadian.                            
Kompetensi Dasar       :  2.1.   Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan               kepribadian. 
Indikator Pencapaian Kompetensi                  : 
1.      Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian
2.      Mendeskripsikan peran nilai dasn norma daslam sosialisasi 
3.      Menjelaskan tahapan perkembangan diri manusia.
4.      Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
5.      Menjelaskan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan.
6.      Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi.
7.      Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian 
Alokasi Waktu       :  4  x 40 menit ( 4 x  Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o  mendeskripsikan hakikat sosialisasi.
o  mendeskripsikan peran nilai dan norma sosial dalam proses sosialisasi
o  mengidentifikasi faktor-faktor pembentukan kepribadian
o  membuat tulisan berdasarkan data sekunder atau primer tentang hubungan pembententukan kepribadian dengan kebudayaan.
“  Karakter siswa yang diharapkan  :  
§   Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :  
§   Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet. 
B. Materi Pembelajaran
o  Hakikat Sosialiassi
o  Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian 
o  Agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi
C. Metode Pembelajaran
o  informasi
o  kerja mandiri
o  eksplorasi
o  diskusi
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka  |     Terstruktur  |     Mandiri  |    
·     Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam   pembentukan kepribadian  |    ·     Mendengarkan   penjelasan tentang hakikat sosialisasi dan pembentukan kepribadian. ·     Secara   individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di   lingkungan terdekat. ·     Secara   individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam   pembentukan kepribadian. ·     Mendiskusikan   peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi. ·     Secara   berkelompok membuat deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan   kepribadian. ·     Mempresentasikan   hasil diskusi tentang factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan   kepribadian. ·     Secara   individu menggali informasi dari berbagai sumber belajar yang berkaitan   dengan agen-agen sosialisasi dan tujuan.  ·     Secara berkelompok mendiskusikan hubungan sosialisasi   dengan pembentukan kepribadian  |    ·           Siswa   dapat Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian ·           Siswa   dapat Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam sosialisasi  ·           Siswa   dapat Menjelaskan tahapan perkembangan diri manusia. ·           Siswa   dapat Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan   kepribadian. ·           Siswa   dapat Menjelaskan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan. ·           Siswa   dapat Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi. ·           Siswa   dapat Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian   |   
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.         Pertemuan I
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi Waktu  |    Ket.  |   
1.  |    Pendahuluan a.        Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran   seperti ruang kelas, presensi, dan menjelaskan secara singkat tentang   pentingnya sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. b.        Memotivasi Guru menjelaskan tujuan pembelajaran   tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. Misalnya, dengan   proses sosialisasi individu dapat menyesuaikan prilaku dengan apa yang   dianggap baik oleh masyarakat dan memperoleh konsep tentang diri.     |    10 Menit  |    |
2.  |    Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan   eksplorasi, guru: “  Siswa memperhatikan guru menampilkan bagan proses   pembelajaran sosialisasi dan pembentukan kepribadian lewat OHP, atau membuat   di papan tulis. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mendengarkan penjelasan tentang hakikat   sosialisasi, dan proses sosialsasi dan pembentukan kepribadian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan   elaborasi, guru: “  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam   buku halaman 98, dan 104. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mengumpulkan tugas pribadi untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku dan   mengamati faktor-faktor sosialisasi yang mempengaruhi perkembangan   kepribadiannya. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa   yang lain boleh menanggapi hasil diskusinya. Guru bertindak sebagai pemandu   diskusi kelas. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa dan guru membuat kesimpulkan singkat tentang   diskusi kelompok. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan   konfirmasi, Siswa: “  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    60 Menit  |    |
3.  |    Kegiatan Akhir a.         Refleksi Siswa dan guru membuat   rangkuman bersama tentang hakikat sosialisasi dan proses serta pembentukan   kepribadian.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); b.        Penilaian Guru memberi penilaian   terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); c.         Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat karangan   tentang pengaruh pengaruh nilai dan norma dalam pembentukan kepribadian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    10 Menit  |    
2.         Pertemuan II
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi   Waktu  |    ket  |   
1.  |    Pendahuluana.       Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran   seperti ruang kelas, presensi. Kemudian guru menjelaskan tentang agen-agen,   bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. b.      Memotivasi Guru menjelaskan tujuan   mempelajari agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi.      |    10 Menit  |    |
2.  |    Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan   eksplorasi, guru: “  Siswa memperhatikan bagan agen, bentuk, tipe, dan pola   sosialisasi. Kemudian siswa, boleh membuat catatan singkat tentang bagan   tersebut. (nilai yang ditanamkan:   Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang   agen-agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi.  (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan   elaborasi, guru: “  Siswa mengerjakan sendiri uji penguasaan materi pada   buku halaman 110. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mendiskusikan masalah pada buku halaman 111.  (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru   menjadi pemandu diskusi secara klasikal.  (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan   konfirmasi, Siswa: “  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    60 Menit  |    |
3.  |    Kegiatan Akhir a.         Refleksi  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang agen,   bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.   (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  b.        Penilaian Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa   secara individu, dan hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); c.         Penugasan  Guru memberi tugas menulis membuat tulisan berdasarkan   data kepribadian siswa. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);   |    10 Menit  |    
3.         Pertemuan III.
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi   Waktu  |    Keterangan  |   
1.  |    Pendahuluan    a.         Apresepsi    Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan   blok.     b.         Memotivasi    Guru menjelaskan tujuan diadakan ulangan   blok.   |    5 Menit   |    |
2.  |    Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi,   guru: “  Siswa mendapatkan lembaran soal dan lembar jawaban. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan   elaborasi, guru: “  Siswa secara sendiri mengerjakan soal-soal yang   dibagikan oleh guru. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru untuk   dinilai. (nilai yang ditanamkan:   Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan   konfirmasi, Siswa: “  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    60 Menit  |    |
3.  |    Kegiatan Akhir a.       Refleksi Siswa mengumpulkan hasil   pekerjaannya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);   b.      Penilaian Guru memberi penilaian   terhadap hasil kerja siswa. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); c.       Penugasan Guru memberi tugas mempelajari kembali materi yang baru   saja dijadikan bahan ulangan umum. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    15 Menit  |    
E.       Sumber pembelajaran:
o  Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 94-116
o  Masalah-masalah sosial 
o  Peraturan perundang-undangan
o  Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
o  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan. 
F.       Media 
o  Papan tulis
o  Lembar soal
o  Transparan Konsep
o  Power Point
o  OHP
G.      Penilaian
o  Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 104
o  Melakukan pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat dalam buku halaman 104
Contoh format penilain tugas!
No.  |    Kesesuian materi   |    Kerapian   |    Jumlah   |   
1.      Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 114-116.
Mengetahui, Kepala   SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : ....................................  |    ………………,…………………20… Guru   mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : ....................................  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X/ 2
Standar Kompetensi   : 2 .      Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan                                                    kepribadian.                            
Kompetensi Dasar       :  2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan                              sikap-sikap anti sosial. 
Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak sempurna.
2.      Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
3.      Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
4.      Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
Alokasi Waktu       :  6  x 40 menit ( 4 x  Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o  mendeskripsikan pengertian perilaku menyimpang.
o  mengidentifikasi bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
o  mengidentifikasi terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
“  Karakter siswa yang diharapkan  :  
§   Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :  
§   Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet. 
B. Materi Pembelajaran
o  Konformitas
o  Perilaku Menyimpang
o  Hubungan Antara Perilaku Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
o  Sifat dan Macam Perilaku Menyimpang
C. Metode Pembelajaran
o  informasi
o  kerja mandiri
o  eksplorasi
o  diskusi
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka  |     Terstruktur  |     Mandiri  |    
·           Mendeskripsikan   terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.   |    ·         Secara   individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang didapat di masyarakat   sekitar. ·         Secara   bergantian melaporkan terjadinya perilaku menyimpang sesuai dengan hasil   temuan di kliping korang/internet. ·         Secara   kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang.  ·           Secara   berkelompok menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya   perilaku menyimpang.   |    ·           Siswa   dapat Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil   sosialisasi  yang tidak sempurna. ·           Siswa   dapat Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang ·           Siswa   dapat Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang. ·           Siswa   dapat Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat  |   
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.         Pertemuan I
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi Waktu  |    Ket.  |   
1.  |    Pendahuluana.       Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.  Kemudian guru mengingatkan siswa tentang   pelajaran sosialisasi.  b.      Memotivasi Guru menjelaskan perilaku   menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna.   |    10 Menit  |    |
2.  |    Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan   eksplorasi, guru: “  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang konformitas   dan perilaku menyimpang. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa membaca sendiri materi yang sudah dijelaskan oleh   guru. (nilai yang ditanamkan:   Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan   elaborasi, guru: “  Siswa mendiskusian faktor-faktor penyebab terjadinya   perilaku menyimpang dalam masyarakat. Misalnya, prostitusi dan lain   sebagainya. (nilai yang ditanamkan:   Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru   menjadi pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji   penguasaan materi dalam buku halaman 120 dan 126. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  Konfirmasi Dalam kegiatan   konfirmasi, Siswa: “  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    60 Menit  |    |
3.  |    Kegiatan Akhir a.     Refleksi Siswa dan guru membuat   rangkuman tentang korfomitas dan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); b.     Penilaian Guru memberi penilaian hasil   diskusi kelompok dan hasil kerja mandiri. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); c.     Penugasan Guru memberi tugas untuk membuat kliping tentang   berbagai prilaku menyimpang dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    10 Menit  |    
2.         Pertemuan II
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi Waktu  |    Ket.  |   
1.  |    Pendahuluana.       Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, misalnya,   absensi, pengumpulan tugas, dan mempersiapkan kelas.  Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran   sosialisasi.  b.      Memotivasi Guru menjelaskan tujuan   mempelajari hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak   sempurna.   |    10  Menit  |    |
2.  |    Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan   eksplorasi, guru: “  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan   antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan   macam prilaku menyimpang. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan   elaborasi, guru: “  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam   buku halaman 128.  “  Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian   mendiskusikan kasus perilaku menyimpang yang terjadi dalam keluarga yang   baik-baik dan taat beragama. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan   siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai   moderator atau pemandu diskusi kelas. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk   dinilai. “  Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan   konfirmasi, Siswa: “  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    60  Menit  |    |
3.  |    Kegiatan Akhir a.         Refleksi   Siswa dan guru membuat rangkuman bersama   tentang hubungan antara   perilaku menyimpang dan sosialisasi yang   tidak sempurna. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); b.      Penilaian   Guru memberi penilaian terhadap tugas   secara pribadi dan tugas   kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); c.         Penugasan   Guru memberi   tugas kepada siswa untuk membuat poster atau stiker    tentang tidak   lagi melakukan perilaku menyimpang. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    10 Menit  |    
3.         Pertemuan III.
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi Waktu  |    Ket.  |   
1.  |    Pendahuluana.        Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok. b.        Memotivasi Guru menjelaskan tujuan   melakukan ulangan blok.    |    5 Menit  |    |
2.  |    Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan   eksplorasi, guru: “  Siswa mendapatkan lembar soal yang dibagikan oleh guru.   (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan   elaborasi, guru: “  Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mengumpulkan hasil kerja yang telah diselesaikan   untuk dinilai. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi,   Siswa: “  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    60 Menit  |    |
3.  |    Kegiatan Akhir a.       Refleksi       Siswa dan guru menjawab   pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); b.      Penilaian       Guru memberi penilaian terhadap hasil   pekerjaan siswa. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); c.       Penugasan       Guru memberi tugas untuk mempelajari   pengendalian sosial. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    15 Menit  |    
E. Sumber pembelajaran:
o  Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 118-138
o  Perilaku Menyimpang dalam masyarakat 
o  Peraturan perundang-undangan
o  Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
o  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan. 
F. Media
a.       Papan tulis
b.       Lembar soal
c.       Transparan Konsep
d.      Power Point
e.       OHP
G. Penilaian
o  Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 120, 126, 128, dan 133.  ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 4)
o  Unjuk kerja siswa, dalam buku Sosiologi Esis, halaman 133. 
Contoh format penilain tugas!
No  |    Nama Siswa  |    Kesesuaian materi dengan Tugas  |    Ide dan tulisan  |    Kerapian/ penampilan  |    Jumlah Nilai  |   
1  |    |||||
2  |    |||||
dst.  |    
2.      Penilaian diskusi
No.  |    Nama  |    ASPEK PENILAIAN  |    Total nilai  |    Presentasi |   ||||
Sikap  |    Keaktifan  |    Wawasan  |    Kemampuan   mengemukakan pendapat  |    Kerja sama |   ||||
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No  |    Nama   Siswa  |    Aspek   yang Dinilai  |    Skor/   Jumlah  |   |||||
1  |    2  |    3  |    4  |    5  |    6  |   |||
Aspek yang dinilai:
o  Kemampuan menyampaikan pendapat.
o  Kemampuan memberikan argumentasi.
o  Kemampuan memberikan kritik.
o  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o  Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                           6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No  |    Nama Siswa |    Kriteria   Penilaian  |    Jumlah   Skor  |   ||||
1  |    2  |    3  |    4  |    5  |   |||
1  |    |||||||
2  |    |||||||
dst  |    |||||||
Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
o  Aktivitas dalam kelompok                              2—15              = Sangat baik  
o  Tanggung jawab individu                               9—11              = Baik 
o  Pemikiran                                                        6—8                = Cukup          
o  Keberanian berpendapat                                 3—5                = Kurang         
o  Keberanian tampil       
o  Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52
o  Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 136-138
Mengetahui, Kepala   SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : ....................................  |    ………………,…………………20… Guru   mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : ....................................  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X/ 2
Standar Kompetensi   : 2 .      Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan                                                    kepribadian.                            
Kompetensi Dasar       :2.3.     Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan                                                                bermasyarakat.
Indikator Pencapaian Kompetensi                  : 
1.      Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
2.      Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial
3.      Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga social
4.      Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat
Alokasi Waktu            :  6  x 40 menit ( 4 x  Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o  mengklasifikasikan jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
o  mendeskripsikan cara pengendalian sosial
o  memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.
“  Karakter siswa yang diharapkan  :  
§   Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :  
§   Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet. 
B. Materi Pembelajaran
o  Hakikat Pengendalian Sosial
o  Cara Pengendalian Sosial
o  Peran Lembaga Formal dan Informal dalam Pengendalian Sosial
C. Metode Pembelajaran
o  informasi
o  kerja mandiri
o  eksplorasi
o  diskusi
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka  |     Terstruktur  |     Mandiri  |    
·           Menerapkan   aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat  |    ·     Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang   akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial ·     Secara klasikal malalui ulasan tentang tidak   berfungsinya lembaga pengendalian sosial ·     Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW,   tentang aturan-aturan dalam kehidupan masyarakat. ·     Secara klasikal melalui ulasan tentang hasil wawancara   kepada RT, RW tentang aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat.  |    ·     Siswa dapat Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga   pengendalian sosial ·     Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian   sosial ·     Siswa dapat Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya   lembaga sosial ·           Siswa   dapat Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat  |   
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.         Pertemuan I
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi   Waktu  |    Ket.  |   
1.  |    Pendahuluana.       Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran,   mengumpulkan tugas, dan absensi. Menanyakan tentang beberapa hal yang   berhubungan dengan penyimpangan sosial. b.      Memotivasi Guru memberi penjelasan   tentang tujuan mempelajari pengendalian sosial. c.       Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.   |    10 Menit  |    |
2.  |    Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan   eksplorasi, guru: “  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengendalian   sosial dan cara-cara pengendalian sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan   elaborasi, guru: “  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian   mendiskusikan kasus seorang pencopet yang dikeroyok massa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan   guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam   buku halaman 142, dan 147.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan   konfirmasi, Siswa: “  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    60 Menit  |    |
3.  |    Kegiatan Akhir “  Refleksi Siswa dan guru membuat   rangkuman tentang hakikat dan cara-cara pengendalian sosial dan siswa   mencatat beberapa hal yang penting tentang pengendalian sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Penilaian Guru memberi penilaian   terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi. “  Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat tulisan   atau seleberan yang berisi ajakan untuk mengatasi masalah-masalah sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    10 Menit  |    
2.         Pertemuan II
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi   Waktu  |    Ket.  |   
1.  |    Pendahuluana.           Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, dan   menanyakan cara-cara pengendalian sosial. b.          Memotivasi Guru menjelaskan tujuan   mempelajari agen-agen pengendalian sosial di dalam masyarakat.   |    10 Menit  |    |
2.  |    Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan   eksplorasi, guru: “  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang agen-agen   pengendalian sosial dalam masyarakat. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan   elaborasi, guru: “  Siswa membacakan tugas untuk mencatat beberapa agen   pengendalian sosial di dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian   mendiskusikan kasus yang didapat di dalam surat kabar, majalah, atau di dalam   buku halaman 149. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru   menjadi pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi   kelompok. (nilai yang ditanamkan:   Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” pada   buku halaman 149. Kemudian mengumpulkannya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan   konfirmasi, Siswa: “  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    60 menit  |    |
3.  |    Kegiatan Akhir a.         Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman agen-agen pengendalian   sosial dalam masyarakat. (nilai yang   ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); b.        Penilaian Guru memberi penilaian   terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); c.         Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk mewawancarai   pengurur RT atau RW tentang aturan-aturan yang ada dalam masyarakat sebagai   bagian dari pengendalian sosial. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);    |    10 menit  |    
3.         Pertemuan III.
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi   Waktu  |    Ket.  |   
1.  |    Pendahuluana.        Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok b.        Memotivasi Guru menjelaskan tujuan   mengadakan ulangan blok.   |    ||
2.  |    Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan   eksplorasi, guru: “  Siswa mendapatkan lembaran  soal yang dibagikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan   elaborasi, guru: “  Siswa mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); “  Siswa mengumpulkan hasilnya jika telah selesai   dikerjakan. (nilai yang ditanamkan:   Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan   konfirmasi, Siswa: “  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,   Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    ||
3.  |    Kegiatan Akhir a.       Refleksi Siswa dan guru menjawab   bersama-sama soal-soal yang telah dikerjakan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,   Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta   Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); b.      Penilaian Guru memberi penilaian   terhadap hasil ulangan siswa (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); c.       Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari lagi   materi tentang pengendalian sosial. (nilai   yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,   Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah   Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);  |    
E.       Sumber pembelajaran:
o  Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 140-153
o  Peraturan perundang-undangan
o  Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
o  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan. 
F.       Media 
o  Papan tulis
o  Lembar soal
o  Transparan Konsep
o  Power Point
o  OHP
G.      Penilaian
o  Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 142, 1147, dan 149  ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 3)
o  Penilaian Tugas halaman 147.. 
Contoh format penilain tugas!
No  |    Nama Siswa  |    Kesesuaian materi dengan tugas  |    Ide/komentar  |    Kerapian/Tampilan  |    Jumlah Nilai  |   
1  |    |||||
2  |    |||||
dst.  |    
1.      Penilaian diskusi
No.  |    Nama  |    ASPEK PENILAIAN  |    Total nilai  |    Presentasi |   ||||
Sikap  |    Keaktifan  |    Wawasan  |    Kemampuan   mengemukakan pendapat  |    Kerja sama |   ||||
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No  |    Nama   Siswa  |    Aspek   yang Dinilai  |    Skor/   Jumlah  |   |||||
1  |    2  |    3  |    4  |    5  |    6  |   |||
Aspek yang dinilai:
o  Kemampuan menyampaikan pendapat.
o  Kemampuan memberikan argumentasi.
o  Kemampuan memberikan kritik.
o  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o  Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                           6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No  |    Nama Siswa |    Kriteria   Penilaian  |    Jumlah   Skor  |   ||||
1  |    2  |    3  |    4  |    5  |   |||
1  |    |||||||
2  |    |||||||
dst  |    |||||||
Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
o  Aktivitas dalam kelompok                              2—15              = Sangat baik  
o  Tanggung jawab individu                               9—11              = Baik 
o  Pemikiran                                                        6—8                = Cukup          
o  Keberanian berpendapat                                 3—5                = Kurang         
o  Keberanian tampil       
1.         Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52
2.         Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 151-153
Mengetahui, Kepala   SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : ....................................  |    ………………,…………………20… Guru   mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : ....................................  |   



23.40
Nuansa Pendikar
 Posted in:  

0 comments:
Posting Komentar