Cari Blog Ini

Senin, 09 Januari 2012

RPP PAI SMA XII/2 PENDIKAR

PERANGKAT PEMBELAJARAN  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Satuan Pendidikan     : SMA / MA
Kelas/Semester           : XII / 2

Nama Guru                   : .................................................
NIP/NIK                          : .................................................
Sekolah                         : .................................................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XII / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        :  Al-Qur’an

A.  Standar Kompetensi
7.         Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK.

B.  Kompetensi Dasar
7.1       Membaca  QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
            Menjelaskan arti  QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164
            Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
  Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
  Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
  Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
  Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
  Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
  Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
  Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
  Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
  Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
  Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Membaca  Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
  Mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164.
  Mendiskusikan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
  Mengartikan per-kata   Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
  Mengartikan per-ayat Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164.
  Siswa menghafal terjemah Q.S. Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164
  Menerapkan Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164 tentang  pengembangan IPTEK

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar tentang IPTEK ?
-      Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang yang berhubungan dengan teknologi ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah hafal ayat-ayat al-Qur’an tentang ilmu dan teknologi ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Yunus : 101, yaitu sebagai berikut.

Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman".
È@è% (#rãÝàR$# #sŒ$tB Îû ÅVºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur 4 $tBur ÓÍ_øóè? àM»tƒFy$# âäY9$#ur `tã 7Qöqs% žw tbqãZÏB÷sムÇÊÉÊÈ  
 
-        Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Baqarah : 164, yaitu sebagai berikut.
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
¨bÎ) Îû È,ù=yz ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur É#»n=ÏG÷z$#ur È@øŠ©9$# Í$yg¨Y9$#ur Å7ù=àÿø9$#ur ÓÉL©9$# ̍øgrB Îû ̍óst7ø9$# $yJÎ/ ßìxÿZtƒ }¨$¨Z9$# !$tBur tAtRr& ª!$# z`ÏB Ïä!$yJ¡¡9$# `ÏB &ä!$¨B $uŠômr'sù ÏmÎ/ uÚöF{$# y÷èt/ $pkÌEöqtB £]t/ur $pkŽÏù `ÏB Èe@à2 7p­/!#yŠ É#ƒÎŽóÇs?ur Ëx»tƒÌh9$# É>$ys¡¡9$#ur ̍¤|¡ßJø9$# tû÷üt/ Ïä!$yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur ;M»tƒUy 5Qöqs)Ïj9 tbqè=É)÷ètƒ ÇÊÏÍÈ  

-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa membaca arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164, dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 kepada siswa.
-      Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164   berikut artinya dengan benar.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Dalam QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu kewajiban menuntut ilmu dan mengembangkanya kearah perbaikan yang semuanya diperuntukan bagi kemajuan dunia Islam.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3


LEMBAR TUGAS

 



Salinlah QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 dengan baik dan benar, kemudian artikan dan carilah kalimat/ayat yang berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham, dan izhar.

                                                                                   
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XII / 2
Waktu                        : 4 x 45 menit
Aspek                        : Aqidah

A.  Standar Kompetensi
8.         Meningkatkan keimanan kepada Qodha dan Qadar.

B.  Kompetensi Dasar
8.1       Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
8.2       Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
  Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
  Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
  Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
  Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Iman kepada qadha dan qadar :
-       Tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
  Hikmah beriman kepada qadha dan qadar.

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
  Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
  Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
  Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
  Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mengidentifikasi tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
  Mendiskusikan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar
  Siswa menyebutkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.
  Siswa menyebutkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
  Menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran keimanan kepada Qodha dan Qadar,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar?
-      Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah mengerti dan faham tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar ?.                                 
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan pandangannya tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar.

Eksplorasi
-      Mengidentifikasi tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
-      Mendiskusikan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar
-      Mengidentifikasi hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.
-      Mendiskusikan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
-      Menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.

Konfirmasi
-      Dalam materi keimanan kepada Qodha dan Qadar   banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu segala ketentuan hidup dan kehidupan adalah hak  Allah.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi keimanan kepada Qodha dan Qadar sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah keimanan kepada Qodha dan Qadar.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
                                                                       
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XII / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Akhlak

A.  Standar Kompetensi
9.         Membiasakan perilaku terpuji.

B.  Kompetensi Dasar
9.1       Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
9.2       Menampilkan contoh perilaku  persatuan dan kerukunan
9.3       Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
  Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.
  Mampu menunjukkan contoh perilaku yang bermuatan persatuan.
  Mampu menunjukkan contoh perilaku bermuatan kerukunan
  Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
  Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Persatuan dan Kerukunan :
­       Pengertian dan maksud persatuan.
­       Pengertian dan maksud kerukunan
­       Contoh perilaku Persatuan
­       Contoh perilaku Kerukunan
  Persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
  Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.
  Mampu menunjukkan contoh perilaku yang bermuatan persatuan.
  Mampu menunjukkan contoh perilaku bermuatan kerukunan
  Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
  Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian persatuan.
  Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian kerukunan
  Siswa menyebutkan contoh perilaku persatuan.
  Siswa menyebutkan contoh perilaku kerukunan
  Mempraktikkan perilaku persatuan dalam pembelajaran.
  Mempraktikkan perilaku kerukunan dalam pembelajaran

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Membiasakan perilaku terpuji.,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar tentang Membiasakan perilaku terpuji.?
-      Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang Membiasakan perilaku terpuji. ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah mengerti dan faham tentang Membiasakan perilaku terpuji. ?.                                 
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan pandangannya tentang Membiasakan perilaku terpuji.

Eksplorasi
-      Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian persatuan.
-      Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian kerukunan
-      Menampilkan contoh perilaku persatuan.
-      Menampilkan contoh perilaku kerukunan
-      Mempraktikkan perilaku persatuan dalam pembelajaran.
-      Mempraktikkan perilaku kerukunan dalam pembelajaran.

Konfirmasi
-      Dalam materi Membiasakan perilaku terpuji   banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu  nilai persatuan dan kesatuan adalah bingkai utama untuk menguatkan keagungan Islam tanpa adanya hal ini Islam akan seperti buih di lautan yang tak ada nilai dan harga.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi Membiasakan perilaku terpuji sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah Membiasakan perilaku terpuji.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
                                                                                               
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XII / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Akhlak

A.  Standar Kompetensi
10.       Menghindari Perilaku Tercela.

B.  Kompetensi Dasar
10.1    Menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
10.2    Menjelaskan contoh  perilaku  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah.
10.3    Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan pengertian isyrof
  Mampu menjelaskan pengertian tabzir.
  Menjelaskan pengertian ghibah.
  Menjelaskan pengertian fitnah
  Mampu menyebutkan contoh perilaku isyrof
  Mampu menyebutkan contoh perilaku tabzir
  Mampu menyebutkan contoh perilaku ghibah
  Mampu menyebutkan contoh perilaku fitnah
  Mampu menghindari perilaku isyrof
  Mampu menghindari perilaku tabzir
  Mampu menghindari perilaku ghibah
  Mampu menghindari perilaku fitnah
  Mampu berperilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Perilaku Tercela :
­       Pengertian isyrof
­       Pengertian tabzir
­       Pengertian ghibah
­       Pengertian fitnah
  Contoh-contoh perilaku tercela :
­       Isyrof
­       Tabzir
­       Ghibah
­       Fitnah
  Menghindari perilaku:
­       Isyrof
­       Tabzir
­       Ghibah
­       Fitnah

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan pengertian isyrof
  Mampu menjelaskan pengertian tabzir
  Menjelaskan pengertian ghibah
  Menjelaskan pengertian fitnah
  Mampu menyebutkan contoh perilaku isyrof
  Mampu menyebutkan contoh perilaku tabzir
  Mampu menyebutkan contoh perilaku ghibah
  Mampu menyebutkan contoh perilaku fitnah
  Mampu menghindari perilaku isyrof
  Mampu menghindari perilaku tabzir
  Mampu menghindari perilaku ghibah
  Mampu menghindari perilaku fitnah
  Mampu berperilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
  Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah
  Siswa menyebutkan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
  Siswa menyebutkan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
  Mengkaji faktor-faktor buruk perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
  Siswa membiasakan cara-cara menghindar dari perilaku isyrod, tabzir, ghibah, dan fitnah
  Membiasakan menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
   Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
   pengertian Menghindari Perilaku Tercela
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Apakah pengertian pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah itu ?
·         Pernahkah kalian menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti berperilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain ?.
·         Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang Menghindari perilaku tercela untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
·         Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·         Guru menjelaskan tentang menghindari perilaku tercela.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah dari  sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah.
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam menghindari perilaku tersebut.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku tersebut secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Isyrof adalah berlebih-lebihan dalam menggunakan sesuatu di luar batas yang diperlukan. Perilaku isyrof dilarang oleh ajaran islam, sebab selain sikap tersebut sangat tidak terpuji, juga dapat mendatangkan madarat, baik bagi pelaku maupun bagi orang lain.
-      Termasuk isyrof yaitu membeli sesuatu yang kurang bermanfaat atau tidak bias digunakan dalam kebajikan, melainkan hanya pamer belaka.
-      Tabzir merupakan sikap tercela, yaitu perbuatan memubadzirkan harta atau makanan. Sikap ini bertolak belakang dengan sikap pemurah dan dermawan, karena tabzir mengeluarkan harta tanpa kebajikan, sedangkan derma mengeluarkan harta secara bermanfaat.
-      Ghibah yaitu suatu perbuatan atau tindakan yang membicarakan aib dan kekurangan orang lain, tanpa diketahui oleh orang yang digunjing tersebut walaupun memang keadaannya seperti yang dibicarakannya.
-      Menggunjing atau ghibah selain merupakan perbuatan keji yang dapat merugikan orang lain, juga merupakan perbuatan yang dilarang oleh ajaran Islam.
-      Dalam pengertian keseharian fitnah adalah menyebarkan berita bohong tentang seseorang, karena ada maksud tidak baik. Fitnah merupakan sikap tercela yang sangat merugikan orang lain, fitnah merupakan perbuatan yang sangat kejam dan dapat mencemarkan nama baik seseorang. Oleh karena itu dampak dari fitnah sangatlah besar sekali. Sebagai muslim kita wajib menjauhkan diri dari perbuatan fitnah tersebut.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sesungguhnya orang-orang boros itu saudaranya setan. Pernyataan tersebut terdapat dalam Al Qur’an surat …....
QS Al Isra’ : 26-27
2.
Sebutkan contoh sifat isfrof dalam kehidupan sehari-hari…
Berbelanja diluar batas, berbelanja yang kurang bermanfaat, memakan sesuatu sampai  terlalu kenyang dll
3.
Jelaskan cara menghindari sifat isfrof dalam kehidupan sehari-hari…
Berlaku hemat dalam menggunakan harta,
menabung untuk masa depan, bersedekah atau menunaikan zakat, memberikan bantuan dan pertolongan, mempererat tali persaudaraan dan meringankan beban saudara, mengadakan kegiatan amal sholeh dll

II. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Memakan sesuatu sampai  terlalu kenyang




2.
Berlaku hemat dalam menggunakan harta





3.
Membicarakan aib orang lain




4.
Mengembangkan sikap musyawarah dalam memecahkan masalah





dst
……………………………………………….




Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0

III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-       apa yang dilihat;
-       laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-       laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                               
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XII / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Fiqih

A.  Standar Kompetensi
 11.      Memahami hukum Islam tentang Waris.

B.  Kompetensi Dasar
11.1    Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
11.2    Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
  Mampu menjelaskan tentang ahli waris
  Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.
  Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
  Memperagakan cara-cara menghitung pembagian warisan secara Islam
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Ketentuan hukum Waris:
­       Syarat-syarat pembagian warisan
­       Ketentuan ahli waris
­       Hal-hal yang membatalkan hak waris.
  Contoh pelaksanaan hukum waris
­       Contoh perhitungan warisan

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
  Mampu menjelaskan tentang ahli waris
  Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.
  Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
  Memperagakan cara-cara menghitung pembagian warisan secara Islam

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan tentang contoh pelaksanaan hukum waris menurut undang-undang waris di Indonesia
  Mendiskusikan tentang contoh-contoh pelaksanaan waris menurut hukum adat
  Siswa menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris menurut undang-undang waris di Indonesia
  Siswa menyebutkan contoh-contoh pelaksanaan waris menurut hukum adat
  Siswa berlatih mengkaji dan mendiskusikan tentang ketentuan hukum waris berdasarkan pada perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran memahami hukum Islam tentang Waris.
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar tentang harta warisan ?
-      Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang harta warisan ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah mengerti dan faham tentang harta warisan ?.                                 
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan pandangannya tentang harta warisan.

Eksplorasi
-      Mengkaji dan mendiskusikan tentang ketentuan hukum waris berdasarkan pada perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
-      Mendiskusikan tentang contoh pelaksanaan hukum waris menurut undang-undang waris di Indonesia
-      Mendiskusikan tentang contoh-contoh pelaksanaan waris menurut hukum adat

Konfirmasi
-      Dalam materi memahami hukum Islam tentang Waris banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu permusuhan dan pertikaian banyak diawali oleh pembagian harta waris yang tidak adil oleh sebab itu Allah telah mengaturnya sedemikian rupa sehingga dapat  menjadi acuan dalam pengaturan pembagian waris yang adil dan bijaksana.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi memahami hukum Islam tentang Waris.sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah memahami hukum Islam tentang Waris..
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
                                                                                               
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XII / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Tarikh dan Kebudayaan Islam

A.  Standar Kompetensi
 12.      Memahami perkembangan Islam di dunia.

B.  Kompetensi Dasar
12.1    Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
12.2    Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
12.3    Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
  Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
  Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
  Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
  Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di dunia.
  Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Perkembangan Islam di dunia
  Perkembangan Islam di dunia
  Hikmah perkembangan Islam di dunia

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
  Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
  Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
  Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
  Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di dunia.
  Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan perkembangan Islam di dunia
  Mengidentifikasi perkembangan Islam di dunia.
  Mendiskusikan hikmah perkembangan Islam di dunia.
  Siswa menganalisis perkembangan Islam di dunia
  Siswa menyebutkan contoh perkembangan Islam di dunia
  Membaca literatur tentang perkembangan Islam di dunia
  Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah perkembangan Islam di dunia

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Memahami perkembangan Islam di dunia.
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar tentang perkembangan Islam di dunia?
-      Pernahkah kalian membaca perkembangan Islam di dunia?
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan pandangannya tentang perkembangan Islam di dunia.

Eksplorasi
-      Membaca literatur tentang perkembangan Islam di dunia
-      Mendiskusikan perkembangan Islam di dunia
-      Mengidentifikasi perkembangan Islam di dunia
-      Mendiskusikan contoh perkembangan Islam di dunia.
-      Mengidentifikasi perkembangan Islam di dunia.
-      Mendiskusikan hikmah perkembangan Islam di dunia.
-      Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah perkembangan Islam di dunia.

Konfirmasi
-      Dalam materi memahami perkembangan Islam di dunia banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu mari saling dukung mendukung untuk memajukan Islam keseluruh penjuru dunia dan jadikan Islam sebagai rahmatan lil’alamin karena hanya Islamlah yang mampu mempersatukan dunia.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi memahami perkembangan Islam di dunia sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah memahami perkembangan Islam di dunia.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
                                               
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons