Loading...

Cari Blog Ini

Memuat...
Loading...

Selasa, 10 Januari 2012

PROTA PAI SMA (PENDIKAR)

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Mata Pelajaran           : PendidikanAgama Islam (PAI)
Satuan Pendidikan   : SMA / MA
Kelas/Semester         : X / 1

Nama Guru                  : ___________________________
NIP/NIK                        : ___________________________
Sekolah                        : ___________________________
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
PeNdidikan Agama Islam (PAI)

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : X / 1
Tahun Ajaran          : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Al-Qur’an
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
1.1    Membaca  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
§ Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
1.2    Menyebutkan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mampu menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
1.3    Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
§ Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan


Al-Qur’an
2.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
2.1    Membaca  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163
2.2    Menyebutkan arti  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163
2.3    Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam   Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163


Akidah
3.    Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
3.1    Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna
§ Mampu menyebutkan arti  sifat Allah.
§ Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
3.2    Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna
§ Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
3.3    Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna
§ Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna


Akhlak
4.    Membiasakan perilaku terpuji
4.1    Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.
4.2    Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.
4.3    Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.


Fikih
5.    Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
5.1  Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an.
§ Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.
5.2  Menjelaskan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
5.3  Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
§ Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi


Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.    Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
6.1    Menceritakan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
§ Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
§ Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
6.2    Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§ Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.





Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara, ............................20...
Guru PAI,



_________________________
NIP/NIK:








PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
PeNdidikan Agama Islam (PAI)

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : X / 2
Tahun Ajaran          : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Al-Qur’an
7.    Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang Demokrasi
7.1    Membaca Q.S. Ali Imran: 159 dan Q.S. Asy Syura: 38
§ Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
7.2    Menyebutkan arti Q.S. Ali Imran 159: dan Q.S. Asy Syura: 38
§ Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
§ Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
§ Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis.
7.3    Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam Q.S. Ali Imran;159, dan Q.S. Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
§ Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38


Akidah
8.    Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
8.1    Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
§ Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
§ Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
8.2    Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
§ Menjelaskan contoh-contoh perilaku  beriman kepada Malaikat
§ Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
8.3    Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
§ Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat


Akhlak
9.    Membiasakan perilaku terpuji
9.1    Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.
§ Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
§ Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
§ Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
§ Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu
9.2    Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
§ Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam berpakaian.
§ Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam berhias.
§ Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam perjalanan
§ Mampu menunjuk-kan adab dalam bertamu dan menerima tamu.
9.3    Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam berpakaian
§ Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam berhias
§ Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam perjalanan
§ Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.


Akhlak
10. Menghindari Perilaku Tercela
10.1 Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
§ Mampu menjelaskan pengertian hasad
§ Mampu menjelaskan pengertian riya.
§ Menjelaskan pengertian riya.
§ Menjelaskan pengertian diskriminasi
10.2 Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
§ Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
§ Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
§ Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
§ Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu menghindari perilaku hasad.
§ Mampu menghindari perilaku riya.
§ Mampu menghindari perilaku aniaya.
§ Mampu menghindari perilaku diskriminasi.


Fikih
11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf
11.1 Menjelaskan   perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
§ Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
§ Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
§ Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf
§ Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
§ Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
§ Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
11.3 Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
§ Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
§ Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
§ Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.


Tarikh dan Kebudayaan Islam
12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
§ Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
12.2 Mendeskripsikan strategi dakwah  Rasulullah SAW periode Madinah
§ Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
§ Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.



Mengetahui
Kepala Sekolah


_________________________
NIP/NIK:

Jepara, ............................20...
Guru PAI,


_________________________
NIP/NIK:






PROGRAM TAHUNAN (PROTA)

PeNdidikan Agama Islam (PAI)

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : XI / 1
Tahun Ajaran          : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Al-Qur’an
1.    Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
1.1    Membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
§ Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
1.2    Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan  baik dan benar
§ Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
1.3    Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
§ Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§ Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.


Al-Qur’an
2.    Memahami ayat-ayat  Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
2.1    Membaca  Q.S. Al Isra:  26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177
§ Mampu membaca  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.2    Menjelaskan arti  Q.S. Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah: 177
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.3    Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam  Q.S. Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah: 177
§ Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177


Akidah
3.    Meningkatkan keimanan  kepada Rasul-rasul Allah
3.1    Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.
3.2    Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
3.3.   Menampilkan perilaku yang mencerminkan  keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
§ Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah


Akhlak
4.    Membiasakan berperilaku terpuji
4.1    Menjelaskan pengertian  taubat dan raja`
§ Mampu menjelaskan pengertian taubat
§ Mampu menjelaskan pengertian raja’
4.2    Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
4.3    Membiasakan perilaku bertaubat dan  raja` dalam kehidupan sehari hari
§ Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.


Fikih
5.    Memahami hukum  Islam  tentang Mu’amalah
5.1    Menjelaskan  asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
§ Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
§ Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
§ Menjelaskan macam-macam jual beli.
5.2    Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam 
§ Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
§ Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
5.3    Menerapkan  transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa


Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.    Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )
6.1    Menjelaskan perkembangan Islam pada  abad pertengahan
§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan
6.2    Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
§ Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad  pertengahan





Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara, ............................20...
Guru PAI,



_________________________
NIP/NIK:








PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
PeNdidikan Agama Islam (PAI)

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : XI / 2
Tahun Ajaran          : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Al-Qur’an
7.    Memahami ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
7.1   Membaca Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27
§ Mampu membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.
7.2   Menjelaskan arti  Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27
§ Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
§ Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
7.3   Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam  Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27
§ Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
§ Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
§ Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.


Akidah
8.    Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
8.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
§ Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
§ Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.
8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab  Allah
§ Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
§ Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah


Akhlak
9.    Membiasakan perilaku terpuji
9.1    Menjelaskan pengertian dan maksud  menghargai karya orang lain
§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
§ Mampu menghargai karya orang lain.
9.2   Menampil-kan contoh  perilaku menghargai karya orang lain
§ Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
§ Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
9.3   Membiasa-kan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
§ Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain


Akhlak
10. Menghindari perilaku tercela
10.1         Menjelaskan pengertian dosa besar
§ Mampu menjelaskan pengertian dosa..
§ Mampu menjelaskan pengertian dosa besar
10.2         Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
§ Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
§ Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.
10.3         Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.
§ Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.


Fikih
11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
11.1         Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
11.2         Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah


Fikih
12. Memahami khutbah, tabligh, dan dakwah
12.1         Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
§ Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
§ Mampu menjelaskan pengertian tabligh
§ Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
12.2         Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah
§ Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
§ Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
§ Mampu menjelaskan tatacara dakwah
12.3         Memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah
§ Mampu menyusun teks khutbah jumat dan dakwah.
§ Mampu memperagakan khutbah
§ Mampu memperagakan tabligh.
§ Mampu memperagakan dakwah


Tarikh dan Kebudayaan Islam
13. Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800 – sekarang)
13.1         Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa modern.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada masa modern.
13.2         Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern
§ Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.





Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara, ............................20...
Guru PAI,



_________________________
NIP/NIK:








PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
PeNdidikan Agama Islam (PAI)

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : XII / 1
Tahun Ajaran          : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Al-Qur’an
1.    Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi
1.1    Membaca  Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
§ Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi: 29 dengan benar
1.2    Menjelaskan arti  Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
§ Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Al kafirun, Yunus : 40-41 dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu mengartikan per-ayat  Al Kafirun, Yunus, 40-41, dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.
1.3    Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
§ Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi
§ Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
§ Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.


Al Qur’an
2.    Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja
2.1    Membaca Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10
§ Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
2.2    Menjelaskan arti Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10
§ Mampu mengartikan perkata  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu mengartikan per-ayat  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10
2.3    Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11, dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10
§ Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10


Akidah
3.    Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
3.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
§ Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
3.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
§ Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
§ Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir
§ Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.


Akhlak
4.    Membiasakan perilaku terpuji
4.1    Menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal saleh
§ Mampu menjelaskan pengertian adil
§ Mampu menjelaskan pengertian rida
§ Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.
4.2.   Menampilkan contoh perilaku adil, rida, dan amal saleh
§ Menampilkan contoh perilaku adil.
§ Menampilkan contoh perilaku rida.
§ Menampilkan contoh perilaku amal saleh.
4.3   Membiasakan perilaku adil, rida, dan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari
§ Menunjukkan perilaku adil.
§ Menunjukkan perilaku rida.
§ Menunjukkan perilaku amal saleh.


Fikih
5.    Memahami hukum Islam tentang Hukum Keluarga
5.1    Menjelaskan  ketentuan hukum  perkawinan dalam Islam
§ Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
§ Menjelaskan hukum Islam tentang talak
§ Menjelaskan hukum Islam tentang  ruju’.
5.2    Menjelaskan hikmah perkawinan
§ Menjelaskan hikmah nikah
§ Menjelaskan hikmah talak
§ Menjelaskan hikmah ruju’.
5.3    Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
§ Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.
§ Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.


Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.    Memahami perkembangan Islam di Indonesia
6.1    Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
§ Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
§ Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
6.2    Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
§ Mampu menentukan ciri-ciri  perkembangan Islam di Indonesia
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di  Indonesia
6.3    Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
§ Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di Indonesia.
§ Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.





Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara, ............................20...
Guru PAI,



_________________________
NIP/NIK:








PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
PeNdidikan Agama Islam (PAI)

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : XII / 2
Tahun Ajaran          : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Al-Qur’an
7.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
7.1   Membaca  Q.S. Yunus:101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164
§ Mampu membaca  Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.
7.2    Menjelaskan arti  Q.S. Yunus: 101 dan Q.S.  Al-Baqarah: 164
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.
§ Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164
7.3    Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam Q.S. Yunus: 101 dan Q.S.  Al-Baqarah: 164
§ Mampu menggali kandungan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
§ Menerapkan Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164 tentang pengembangan IPTEK


Akidah
8.    Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadar
8.1   Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
§ Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
§ Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
§ Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
§ Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
§ Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.


Akhlak
9.    Membiasakan perilaku terpuji
9.1    Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.
9.2    Menampilkan contoh perilaku  persatuan dan kerukunan
§ Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan.
§ Mampu menunjukkan contoh perilaku  kerukunan
9.3    Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
§ Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menunjukkan perilaku rukun dalam pergaulan.


Akhlak
10. Menghindari perilaku tercela
10.1 Menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
§ Mampu menjelaskan pengertian isyrof
§ Mampu menjelaskan pengertian tabzir
§ Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
§ Mampu menjelaskan pengertian fitnah
10.2 Menjelaskan contoh  perilaku  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
§ Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
§ Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
§ Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
§ Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah
10.3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menghindari perilaku isyraf.
§ Mampu menghindari perilaku tabzir
§ Mampu menghindari perilaku ghibah
§ Mampu menghindari prilaku fitnah
§ Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah


Fikih
11. Memahami hukum Islam tentang Waris
11.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
§ Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
§ Mampu menjelaskan tentang ahli waris
§ Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.
11.2         Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris
§ Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
§ Memperagakan cara-cara menghitung pembagian warisan secara Islam


Tarikh dan Kebudayaan Islam
12. Memahami perkembangan Islam di dunia
12.1         Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
§ Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
12.2         Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
§ Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
§ Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
§ Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di dunia.
§ Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.





Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara, ............................20...
Guru PAI,



_________________________
NIP/NIK:

0 comments:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons