Cari Blog Ini

Senin, 09 Januari 2012

RPP PAI SMA XI.2 PENDIKAR

PERANGKAT PEMBELAJARAN  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Satuan Pendidikan     : SMA / MA
Kelas/Semester           : XI / 2

Nama Guru                   : .................................................
NIP/NIK                          : .................................................
Sekolah                         : .................................................



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Al-Qur’an


A.  Standar Kompetensi
7.         Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi.

B.  Kompetensi Dasar
7.1       Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
7.2       Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
7.3       Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.
  Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38.
  Mampu menyimpulkan isi  kandungan  Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura: 38
  Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis sesuai dengan QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
  Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam QS Ali Imran;159.
  Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38.
  Mampu menunjukkan manfaat perilaku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  QS Ali Imran : 159
  QS Asy-Syura : 38

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.
  Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38.
  Mampu menyimpulkan isi  kandungan  Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura: 38
  Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis sesuai dengan QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
  Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam QS Ali Imran;159.
  Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38.
  Mampu menunjukkan manfaat perilaku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  Mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  Mendiskusikan terjemah Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  Mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  Mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  Siswa membiasakan perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
  Mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  Menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
-      Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah hafal QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Ali Imran: 159 , yaitu sebagai berikut.
$yJÎ6sù 7pyJômu z`ÏiB «!$# |MZÏ9 öNßgs9 ( öqs9ur |MYä. $ˆàsù xáÎ=xî É=ù=s)ø9$# (#qÒxÿR]w ô`ÏB y7Ï9öqym ( ß#ôã$$sù öNåk÷]tã öÏÿøótGó$#ur öNçlm; öNèdöÍr$x©ur Îû ͐öDF{$# ( #sŒÎ*sù |MøBztã ö@©.uqtGsù n?tã «!$# 4 ¨bÎ) ©!$# =Ïtä tû,Î#Ïj.uqtGßJø9$# ÇÊÎÒÈ  

-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Asy - Syura: 38, yaitu sebagai berikut.
yìÏJàfsù äotys¡¡9$# ÏM»s)ÏJÏ9 5Qöqtƒ 5Qqè=÷è¨B ÇÌÑÈ  
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa membaca arti QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.  
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38  kepada siswa.
-      Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38  berikut artinya dengan benar.

QS Ali Imran: 159
$yJÎ6sù 7pyJômu z`ÏiB «!$# |MZÏ9 öNßgs9 ( öqs9ur |MYä. $ˆàsù xáÎ=xî É=ù=s)ø9$# (#qÒxÿR]w ô`ÏB y7Ï9öqym ( ß#ôã$$sù öNåk÷]tã öÏÿøótGó$#ur öNçlm; öNèdöÍr$x©ur Îû ͐öDF{$# ( #sŒÎ*sù |MøBztã ö@©.uqtGsù n?tã «!$# 4 ¨bÎ) ©!$# =Ïtä tû,Î#Ïj.uqtGßJø9$# ÇÊÎÒÈ  
 “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya”.

Asy - Syura: 38
yìÏJàfsù äotys¡¡9$# ÏM»s)ÏJÏ9 5Qöqtƒ 5Qqè=÷è¨B ÇÌÑÈ  
“Lalu dikumpulkanlah ahli-ahli sihir pada waktu yang ditetapkan di hari yang maklum,”
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku yang demokratis sebagaimana yang terkandung dalam isi QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Dalam QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti perilaku demokratis yang selalu mengutamakan kepentingan umum dibanding dengan kepentingan pribadi dan selalu mengambil keputusan secara bersama dan  tidak diktator dalam hal mengambil keputusan . Jika direnungkan, betapa tingginya nilai demokratis yang selalu dilakukan dengan kebersamaan.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 2

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.
وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ
2.
فَجُمِعَ السَّحَرَةُ Arti penggalan ayat tersebut adalah........

Lalu dikumpulkanlah ahli-ahli sihir
3.
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “lam” adalah…….

Idgham Bilaghunnah

II. Tes Perbuatan
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1.       1
Masdar





2.       2
Haykal





3.       3
Handoyo





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                          Skor Tes Perbuatan :      
1.  = Membaca lancar dan baik                                        = 80 – 90 = A
2.  = Membaca lancar kurang baik                                  = 70 – 79 = B
3.  = Membaca Terbata-bata                                             = 60 – 69 = C
4.  = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru    = 50 – 59 = D
5.  = Tidak dapat membaca                                              = kurang dari 50 = E

III. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Kepentingan golongan adalah diatas kepentingan pribadi




2.
Falsafah demokrasi adalah dari kita untuk kita dan kembali kekita




3.
Sebelum dunia mengenal demokrasi, Islamlah pertama kali mengajarkan demokrasi





dst
……………………………………………….




Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0

IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-       apa yang dilihat;
-       laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-       laporan dari orangtua murid atau siswa.




LEMBAR TUGAS




Salinlah QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 dengan baik dan benar, kemudian artikan dan carilah kalimat/ayat yang berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham, dan izhar.

                                                                                               
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ............................20..
Guru PAI



_________________________
NIP/NIK:





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 2
Waktu                        : 4 x 45 menit
Aspek                        : Aqidah

A.  Standar Kompetensi
8.         Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.

B.  Kompetensi Dasar
8.1       Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
8.2       Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab  Allah

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
  Menjelaskan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah.
  Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.
  Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
  Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Iman kepada kitab-kitab Allah
  Hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
  Menjelaskan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah.
  Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.
  Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
  Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Bertanya jawab tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
  Siswa menyebutkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
  Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah dalam pembelajaran
  Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah ?
·         Pernahkah kalian membaca tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah ?
·         Siapakah diantara kalian yang mengetahui contoh-contoh perilaku  iman kepada kitab-kitab Allah?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah mengetahui contoh-contoh perilaku  iman kepada kitab-kitab Allah.
-      Setelah para siswa selesai membaca tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca kembali.

Eksplorasi
-      Mendiskusikan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
-      Mendiskusikan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah.
-      Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah.
-      Mendiskusikan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
-      Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.

Konfirmasi
-      Dalam pelajaran ini banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti Nabi- nabi penerima wahyu kitab-kitab mengajarkan ketauhidan, keimanan dan muamalah sebagai landasan atau pijakan untuk menjadi dasar hubungan kita kepada Rabb dan Manusia  .

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca buku tentang beriman kepada kitab-kitab sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan beriman kepada kitab-kitab Allah.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 2


LEMBAR TUGAS




Tulislah 4 nama Kitab-kitab Allah dan Nabi-nabi penerimanya  serta sebutkan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Kitab-kitab Allah.



Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ............................20..
Guru PAI



_________________________
NIP/NIK:


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Akhlak


A.  Standar Kompetensi
9.         Membiasakan perilaku terpuji.

B.  Kompetensi Dasar
9.1       Menjelaskan pengertian dan maksud  menghargai karya orang lain
9.2       Menampilkan contoh  perilaku menghargai karya orang lain
9.3       Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
  Mampu menghargai karya orang lain.
  Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
  Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
  Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
  Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Menghargai karya orang lain.
  Contoh Perilaku yang menghargai karya orang lain
  Pembiasaan Perilaku yang menghargai karya orang lain

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
  Mampu menghargai karya orang lain.
  Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
  Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
  Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
  Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain dalam diskusi kelompok.
  Siswa menyebutkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
  Dengan kelompok belajarnya, siswa mempresentasikan hasil  diskusi kelompok tentang pengertian dan maksud menghargai  karya orang lain
  Menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
  Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam pembelajaran.
  Mempraktikkan contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
 



Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
   Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
   pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Apakah Adab itu ?
·         Pernahkah kalian berperilaku benar dalam berpakaian ?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti perilaku yang baik dan benar  dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu ?.
·         Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
·         Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·         Guru menjelaskan tentang adab dan perilaku dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu

Eksplorasi
-      Mendiskusikan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain dalam diskusi kelompok.
-      Mempresentasikan hasil  diskusi kelompok tentang pengertian dan maksud menghargai  karya orang lain
-      Mempraktikkan contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
-      Menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
-      Menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
-      Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam pembelajaran.

Konfirmasi
-      Adab atau tata cara mengaktualisasikan bahwa kita adalah manusia yang mulia yang memiliki daya nalar untuk mengerti mana yang baik dan buruk.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
-       Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
-       Buku pelajaran PAI SMA kelas 2
                                                                                   
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ............................20..
Guru PAI



_________________________
NIP/NIK:


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Akhlak


A.  Standar Kompetensi
10.       Menghindari Perilaku Tercela.

B.  Kompetensi Dasar
10.1    Menjelaskan pengertian dosa besar
10.2    Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
10.3    Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan pengertian dosa..
  Mampu menjelaskan pengertian dosa besar
  Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
  Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.
  Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.
  Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Dosa besar
  Pengertian Dosa besar
Dosa besar
  Contoh-contoh perbuatan dosa besar
Dosa besar
  Cara Menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan pengertian dosa..
  Mampu menjelaskan pengertian dosa besar
  Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
  Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.
  Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.
  Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan pengertian dosa.
  Mendiskusikan pengertian dosa besar
  Siswa menyebutkan contoh-contoh perbuatan dosa besar.
  Siswa menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.

  Siswa membiasakan cara-cara menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.
  Mempraktikkan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
   Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
   pengertian Menghindari Perilaku Tercela
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Apakah pengertian Perilaku Tercela itu ?
·         Pernahkah kalian menghindari Perilaku Tercela?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti Perilaku Tercela?.
·         Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang Menghindari perilaku tercela untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
·         Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·         Guru menjelaskan tentang menghindari perilaku tercela.

Eksplorasi
-      Mendiskusikan pengertian dosa.
-      Mendiskusikan pengertian dosa besar
-      Mendiskusikan contoh-contoh perbuatan dosa besar.
-      Mendiskusikan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.
-      Mendiskusikan cara-cara menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.
-      Mempraktikkan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.

Konfirmasi
-      Hasad, iri, riya ,aniaya dan diskriminasi merupakan perilaku yang semestinya kita hilangkan karena tidak sesuai dengan fitrah manusia. Waspadalah terhadap sifat tercela, sesungguhnya sifat tercela mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 2
                                                                                

Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ............................20..
Guru PAI



_________________________
NIP/NIK:



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Fiqih


A.  Standar Kompetensi
11.       Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.

B.  Kompetensi Dasar
11.1    Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
11.2    Memperagakan tatacara pengurusan jenazah

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah
  Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
  Mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah
  Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
  Mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah
  Mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah
  Mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah
  Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Tatacara Pengurusan Jenazah:
  Memandikan
  Mengkafani
  Menshalatkan.
  Menguburkan

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah
  Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
  Mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah
  Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
  Mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah
  Mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah
  Mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah
  Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan tata cara memandikan jenazah.
  Mendiskusikan tata cara nmengkafani jenazah.
  Mendiskusikan tata cara menshalatkan jenazah.
  Mendiskusikan tata cara menguburkan jenazah.
  Siswa menghafal tata  cara  memandikan jenazah.
  Siswa menghafal tata  cara  mengkafani jenazah.
  Siswa menghafal tata  cara  menshalatkan jenazah.
  Siswa menghafal tata  cara  menguburkan jenazah.
  Mempraktikkan tata  cara  memandikan jenazah.
  Mempraktikkan tata  cara  mengkafani jenazah.
  Mempraktikkan tata  cara  menshalatkan jenazah.
  Mempraktikkan tata  cara  menguburkan jenazah.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
         Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi    Memahami Tatacara Pengurusan Jenazah.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar tentang Tatacara Pengurusan Jenazah?
·         Pernahkah kalian mengetahui ketentuan syar’i tentang Tatacara Pengurusan Jenazah ?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang Tatacara Pengurusan Jenazah ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui Tatacara Pengurusan Jenazah untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang sumber Tatacara Pengurusan Jenazah.

Eksplorasi
-      Mendiskusikan tata cara memandikan jenazah.
-      Mendiskusikan tata cara mengkafani jenazah.
-      Mendiskusikan tata cara menshalatkan jenazah.
-      Mendiskusikan tata cara menguburkan jenazah.
-      Mempraktikkan tata  cara  memandikan jenazah.
-      Mempraktikkan tata  cara  mengkafani jenazah.
-      Mempraktikkan tata  cara  menshalatkan jenazah.
-      Mempraktikkan tata  cara  menguburkan jenazah.

Konfirmasi
-      Pengurusan Jenazah merupakan fardlu kifayah yang wajib dilaksanakan oleh kita sebagai hamba yang bersosial.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi menerangkan tentang hikmah yang terkandung dalam tatacara pengurusan jenazah sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam tatacara pengurusan jenazah.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 2
                                                                                   
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ............................20..
Guru PAI



_________________________
NIP/NIK:


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        :  Fiqih

A.  Standar Kompetensi
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.

B.  Kompetensi Dasar
12.1    Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
12.2    Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
  Mampu menjelaskan pengertian tabligh
  Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
  Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
  Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
  Mampu menjelaskan tatacara dakwah
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Pengertian :
  Khutbah
  Tabligh
  Dakwah
Tatacara :
  Khutbah
  Tabligh
  Dakwah

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
  Mampu menjelaskan pengertian tabligh
  Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
  Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
  Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
  Mampu menjelaskan tatacara dakwah

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan pengertian khutbah.
  Mendiskusikan pengertian tabligh
  Mendiskusikan pengertian dakwah.
  Siswa menyebutkan tatacara khutbah
  Siswa menyebutkan tata cara  tabligh.
  Siswa menyebutkan tata cara dakwah.
  Menyusun teks khutbah dan dakwah.
  Memperagakan khutbah.
  Memperagakan tabligh.
  Memperagakan dakwah.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
-      Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi     Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah?
·         Pernahkah kalian membaca tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah ?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah ?.
·         Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
·         Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·         Guru menjelaskan tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan kisah tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang kisah Memahami khutbah, tabligh dan dakwah, dengan ringkasan sebagai berikut :
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Da’wah yang terbaik adalah da’wah yang menyeru kepada jalan Allah dan meninggikan agama Allah.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 2

Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ............................20..
Guru PAI



_________________________
NIP/NIK:

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons