Cari Blog Ini

Senin, 09 Januari 2012

PEMETAAN SK-KD PAI SMA PENDIKAR

PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : X / 1
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai
Penerapan
Al-Qur’an
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
1.1  Membaca  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
§ Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78




1.2  Menyebut-kan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mampu menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78




1.3  Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
§ Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.



Al-Qur’an
2.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
2.1  Membaca  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

§ Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163





2.2  Menyebut-kan arti  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163




2.3  Menampil-kan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam   Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163



Akidah
3.    Mening-katkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
3.1 Menyebut-kan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna
§ Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
§ Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna





3.2 Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna
§ Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia




3.3 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna

§ Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna



Akidah
4.    Membias-akan perilaku terpuji
4.1 Menyebut-kan pengertian perilaku  husnuzhan
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.





4.2 Menyebut-kan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.





4.3 Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.




Fikih
5.    Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
5.1  Menyebut-kan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an.
§ Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.




5.2  Menjelaskan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.




5.3  Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
§ Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi




Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.    Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
6.1  Mencerita-kan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
§ Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
§ Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.




6.2  Mendeskrip-sikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

§ Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.



Jumlah




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ...............................
Guru PAI,



_________________________
NIP/NIK:







PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : X / 2
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai
Penerapan
Al-Qur’an
7.    Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang Demokrasi
7.1  Membaca Q.S. Ali Imran: 159 dan Q.S. Asy Syura: 38
§ Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.





7.2       Menyebut-kan arti Q.S. Ali Imran 159: dan Q.S. Asy Syura: 38
§ Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
§ Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
§ Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis.




7.3       Menampil-kan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam Q.S. Ali Imran;159, dan Q.S. Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
§ Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38



Akidah
8.    Mening-katkan keimanan kepada Malaikat
8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat

§ Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
§ Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.





8.2  Menampil-kan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat

§ Menjelaskan contoh-contoh perilaku  beriman kepada Malaikat
§ Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.




8.3  Menampil-kan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
§ Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat



Akhlak
9.    Membia-sakan perilaku terpuji
9.1  Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.

§ Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
§ Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
§ Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
§ Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu





9.2  Menampil-kan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.

§ Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam berpakaian.
§ Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam berhias.
§ Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam perjalanan
§ Mampu menunjuk-kan adab dalam bertamu dan menerima tamu.




9.3  Mempraktik-kan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam berpakaian
§ Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam berhias
§ Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam perjalanan
§ Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.



Akhlak
10. Menghin-dari Perilaku Tercela
10.1 Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi

§ Mampu menjelaskan pengertian hasad
§ Mampu menjelaskan pengertian riya.
§ Menjelaskan pengertian riya.
§ Menjelaskan pengertian diskriminasi





10.2     Menyebut-kan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.

§ Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
§ Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
§ Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
§ Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi




10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.

§ Mampu menghindari perilaku hasad.
§ Mampu menghindari perilaku riya.
§ Mampu menghindari perilaku aniaya.
§ Mampu menghindari perilaku diskriminasi.




Fikih
11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf
11.1     Menjelas-kan   perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf

§ Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
§ Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
§ Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.





11.2     Menyebut-kan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf

§ Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
§ Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
§ Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf




11.3     Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.

§ Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
§ Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
§ Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.



Tarikh dan Kebudayaan Islam
12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah
12.1 Mencerita-kan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah

§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
§ Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.





12.2     Mendeskrip-sikan strategi dakwah  Rasulullah SAW periode Madinah

§ Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
§ Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.



Jumlah




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ...............................
Guru PAI,



_________________________
NIP/NIK:



 


PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : XI / 1
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai
Penerapan
Al-Qur’an
1.    Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
1.1  Membaca  Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

§ Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar





1.2  Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan  baik dan benar
§ Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32




1.3  Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

§ Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§ Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.




Al-Qur’an
2.    Memahami ayat-ayat  Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
2.1 Membaca  Q.S. Al Isra:  26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177

§ Mampu membaca  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177




2.2  Menjelaskan arti  Q.S. Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah: 177

§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177




2.3  Menampil-kan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam  Q.S. Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah: 177

§ Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177



Akidah
3.    Mening-katkan keimanan  kepada Rasul-rasul Allah
3.1  Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah

§ Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.




3.2  Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah

§ Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.




3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan  keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
§ Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah



Akhlak
4.    Membia-sakan berperilaku terpuji
4.1  Menjelaskan pengertian  taubat dan raja`

§ Mampu menjelaskan pengertian taubat
§ Mampu menjelaskan pengertian raja’





4.2  Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`

§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’




4.3  Membiasa-kan perilaku bertaubat dan  raja` dalam kehidupan sehari hari

§ Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.



Fikih
5.    Memahami hukum  Islam  tentang Mu’amalah
5.1  Menjelaskan  asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam

§ Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
§ Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
§ Menjelaskan macam-macam jual beli.




5.2  Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam 
§ Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
§ Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam




5.3  Menerapkan  transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa



Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.    Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )
6.1  Menjelaskan perkembangan Islam pada  abad pertengahan

§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan





6.2  Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan

§ Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad  pertengahan



Jumlah




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ...............................
Guru PAi



_________________________
NIP/NIK:


 


PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : XI / 2
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai
Penerapan
Al-Qur’an
7.    Memahami ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
7.1   Membaca Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27

§ Mampu membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.





7.2   Menjelaskan arti  Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27

§ Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
§ Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27




7.3   Membiasa-kan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam  Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27

§ Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
§ Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
§ Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.



Akidah
8.    Meningkat-kan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
8.1   Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah

§ Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
§ Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.





8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab  Allah

§ Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
§ Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah



Akhlak
9.    Membiasa-kan perilaku terpuji
9.1   Menjelaskan pengertian dan maksud  menghargai karya orang lain
§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
§ Mampu menghargai karya orang lain.




9.2   Menampil-kan contoh  perilaku menghargai karya orang lain

§ Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
§ Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.




9.3   Membiasa-kan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
§ Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain




Akhlak
10.   Menghin-dari perilaku tercela
10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar

§ Mampu menjelaskan pengertian dosa..
§ Mampu menjelaskan pengertian dosa besar




10.2 Menyebut-kan contoh perbuatan dosa besar

§ Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
§ Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.





10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.
§ Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.



Fikih
11.   Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
11.1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah

§ Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah




11.2 Mempera-gakan tatacara pengurusan jenazah

§ Mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah



Fikih
12.   Memahami khutbah, tabligh, dan dakwah
12.1 Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
§ Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
§ Mampu menjelaskan pengertian tabligh
§ Mampu menjelaskan pengertian dakwah.




12.2 Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah

§ Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
§ Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
§ Mampu menjelaskan tatacara dakwah




12.3 Mempera-gakan khutbah, tabligh, dan dakwah

§ Mampu menyusun teks khutbah jumat dan dakwah.
§ Mampu memperagakan khutbah
§ Mampu memperagakan tabligh.
§ Mampu memperagakan dakwah



Tarikh dan Kebudayaan Islam
13.   Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800 – sekarang)
13.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern

§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa modern.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada masa modern.




13.2 Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern

§ Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.




Jumlah




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ...............................
Guru PAI



_________________________
NIP/NIK:


 


PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : XII / 1
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai
Penerapan
Al-Qur’an
1.    Memaha-mi ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi
1.1  Membaca  Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29

§ Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi: 29 dengan benar





1.2  Menjelaskan arti  Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29

§ Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Al kafirun, Yunus : 40-41 dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu mengartikan per-ayat  Al Kafirun, Yunus, 40-41, dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.




1.3  Membiasa-kan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29

§ Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi
§ Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
§ Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.



Al-Qur’an
2.    memaha-mi ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja
2.1  Membaca Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10

§ Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.




2.2  Menjelaskan arti Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10

§ Mampu mengartikan perkata  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu mengartikan per-ayat  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10




2.3  Membiasa-kan beretos kerja seperti terkandung dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11, dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10

§ Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10

§  

Akidah
3.    Mening-katkan keimanan kepada Hari Akhir
3.1   Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir

§ Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari




3.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir

§ Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
§ Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir
§ Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.



Akhlak
4.    Membia-sakan perilaku terpuji
4.1  Menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal saleh

§ Mampu menjelaskan pengertian adil
§ Mampu menjelaskan pengertian rida
§ Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.





4.2. Menampil-kan contoh perilaku adil, rida, dan amal saleh

§ Menampilkan contoh perilaku adil.
§ Menampilkan contoh perilaku rida.
§ Menampilkan contoh perilaku amal saleh.




4.3   Membiasa-kan perilaku adil, rida, dan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari

§ Menunjukkan perilaku adil.
§ Menunjukkan perilaku rida.
§ Menunjukkan perilaku amal saleh.




Fikih
5.    Memahami hukum Islam tentang Hukum Keluarga
5.1  Menjelaskan  ketentuan hukum  perkawinan dalam Islam

§ Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
§ Menjelaskan hukum Islam tentang talak
§ Menjelaskan hukum Islam tentang  ruju’.




5.2  Menjelaskan hikmah perkawinan

§ Menjelaskan hikmah nikah
§ Menjelaskan hikmah talak
§ Menjelaskan hikmah ruju’.




5.3  Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

§ Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.
§ Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.



Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.    Memahami perkembangan Islam di Indonesia
6.1  Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia

§ Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
§ Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.




6.2  Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia

§ Mampu menentukan ciri-ciri  perkembangan Islam di Indonesia
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di  Indonesia




6.3  Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia

§ Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di Indonesia.
§ Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.



Jumlah




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ...............................
Guru PAI,



_________________________
NIP/NIK:



PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : XII / 2
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai
Penerapan
Al-Qur’an
7.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
7.1   Membaca  Q.S. Yunus:101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164

§ Mampu membaca  Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.




7.2  Menjelaskan arti  Q.S. Yunus: 101 dan Q.S.  Al-Baqarah: 164

§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.
§ Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164




7.3  Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam Q.S. Yunus: 101 dan Q.S.  Al-Baqarah: 164

§ Mampu menggali kandungan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
§ Menerapkan Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164 tentang pengembangan IPTEK



Akidah
8.    Mening-katkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadar
8.1   Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar

§ Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
§ Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
§ Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.




8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar

§ Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
§ Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.



Akhlak
9.    Membia-sakan perilaku terpuji
9.1  Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan

§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.




9.2  Menampil-kan contoh perilaku  persatuan dan kerukunan

§ Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan.
§ Mampu menunjukkan contoh perilaku  kerukunan




9.3  Membiasa-kan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
§ Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menunjukkan perilaku rukun dalam pergaulan.



Akhlak
10. Menghin-dari perilaku tercela
10.1 Menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

§ Mampu menjelaskan pengertian isyrof
§ Mampu menjelaskan pengertian tabzir
§ Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
§ Mampu menjelaskan pengertian fitnah




10.2     Menjelaskan contoh  perilaku  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

§ Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
§ Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
§ Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
§ Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah




10.3     Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu menghindari perilaku isyraf.
§ Mampu menghindari perilaku tabzir
§ Mampu menghindari perilaku ghibah
§ Mampu menghindari prilaku fitnah
§ Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah



Fikih
11.  Memaha-mi hukum Islam tentang Waris
11.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris

§ Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
§ Mampu menjelaskan tentang ahli waris
§ Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.




11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris

§ Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
§ Memperagakan cara-cara menghitung pembagian warisan secara Islam



Tarikh dan Kebudayaan Islam
12.  Memahami perkembangan Islam di dunia
12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia

§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
§ Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.




12.2 Menampil-kan contoh perkembangan Islam di dunia

§ Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
§ Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia




12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia

§ Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di dunia.
§ Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.



Jumlah




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

Jepara , ...............................
Guru PAI,



_________________________
NIP/NIK:

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons