PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Al-Qur’an 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi | 1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78 | § Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar. § Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 | |||
1.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78 | § Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 § Mampu menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 | ||||
1.3 Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78 | § Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan. | ||||
Al-Qur’an 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah | 2.1 Membaca Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | § Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163 | |||
2.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | § Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163 | ||||
2.3 Menampil-kan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | § Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163 | ||||
Akidah 3. Mening-katkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna | 3.1 Menyebut-kan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | § Mampu menyebutkan arti sifat Allah. § Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | |||
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | § Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. § Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia | ||||
3.3 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | § Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. § Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | ||||
Akidah 4. Membias-akan perilaku terpuji | 4.1 Menyebut-kan pengertian perilaku husnuzhan | § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri. § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia. | |||
4.2 Menyebut-kan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia | § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri. § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia. | ||||
4.3 Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari | § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri. § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia. | ||||
Fikih 5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah | 5.1 Menyebut-kan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam | § Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam § Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam § Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam. § Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an. § Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits. | |||
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam | § Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam § Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam § Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam. | ||||
5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari | § Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi. § Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. § Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi | ||||
Tarikh dan Kebudayaan Islam 6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah | 6.1 Mencerita-kan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah | § Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah. § Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah. § Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat. | |||
6.2 Mendeskrip-sikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah | § Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah. § Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah. | ||||
Jumlah |
Mengetahui Kepala Sekolah _________________________ NIP/NIK: | Jepara , ............................... Guru PAI,_________________________ NIP/NIK: |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Al-Qur’an 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi | 7.1 Membaca Q.S. Ali Imran: 159 dan Q.S. Asy Syura: 38 | § Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar. § Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar. | |||
7.2 Menyebut-kan arti Q.S. Ali Imran 159: dan Q.S. Asy Syura: 38 | § Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38 § Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38 § Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis. | ||||
7.3 Menampil-kan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam Q.S. Ali Imran;159, dan Q.S. Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari | § Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159 § Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38 | ||||
Akidah 8. Mening-katkan keimanan kepada Malaikat | 8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat | § Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat § Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat. | |||
8.2 Menampil-kan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat | § Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat § Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat. | ||||
8.3 Menampil-kan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari | § Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat. § Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat | ||||
Akhlak 9. Membia-sakan perilaku terpuji | 9.1 Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu. | § Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian. § Menjelaskan pengertian adab dalam berhias § Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan. § Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu | |||
9.2 Menampil-kan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu. | § Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam berpakaian. § Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam berhias. § Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam perjalanan § Mampu menunjuk-kan adab dalam bertamu dan menerima tamu. | ||||
9.3 Mempraktik-kan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari | § Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam berpakaian § Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam berhias § Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam perjalanan § Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu. | ||||
Akhlak 10. Menghin-dari Perilaku Tercela | 10.1 Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi | § Mampu menjelaskan pengertian hasad § Mampu menjelaskan pengertian riya. § Menjelaskan pengertian riya. § Menjelaskan pengertian diskriminasi | |||
10.2 Menyebut-kan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi. | § Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad § Mampu menyebutkan contoh perilaku riya § Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya § Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi | ||||
10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari. | § Mampu menghindari perilaku hasad. § Mampu menghindari perilaku riya. § Mampu menghindari perilaku aniaya. § Mampu menghindari perilaku diskriminasi. | ||||
Fikih 11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf | 11.1 Menjelas-kan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf | § Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat. § Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji. § Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf. | |||
11.2 Menyebut-kan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf | § Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat § Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji § Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf | ||||
11.3 Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf. | § Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang zakat § Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang haji. § Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf. | ||||
Tarikh dan Kebudayaan Islam 12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah | 12.1 Mencerita-kan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah | § Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah. § Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah. | |||
12.2 Mendeskrip-sikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah | § Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah. § Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah. | ||||
Jumlah |
Mengetahui Kepala Sekolah _________________________ NIP/NIK: | Jepara , ............................... Guru PAI, _________________________ NIP/NIK: |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Al-Qur’an 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan | 1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32 | § Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar | |||
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32 | § Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar. § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar § Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 | ||||
1.3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32 | § Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 § Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32. § Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32. | ||||
Al-Qur’an 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa | 2.1 Membaca Q.S. Al Isra: 26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177 | § Mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 | |||
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177 | § Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 | ||||
2.3 Menampil-kan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177 | § Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 | ||||
Akidah 3. Mening-katkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah | 3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah | § Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah. § Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah. | |||
3.2 Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah | § Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah. § Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah. | ||||
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari | § Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah § Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah | ||||
Akhlak 4. Membia-sakan berperilaku terpuji | 4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja` | § Mampu menjelaskan pengertian taubat § Mampu menjelaskan pengertian raja’ | |||
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja` | § Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat § Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’ | ||||
4.3 Membiasa-kan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari | § Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari. | ||||
Fikih 5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah | 5.1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam | § Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli. § Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli. § Menjelaskan macam-macam jual beli. | |||
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam | § Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam. § Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam | ||||
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari | § Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli § Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam § Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa | ||||
Tarikh dan Kebudayaan Islam 6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 ) | 6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan | § Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan. § Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan | |||
6.2 Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan | § Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan. § Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan | ||||
Jumlah |
Mengetahui Kepala Sekolah _________________________ NIP/NIK: | Jepara , ............................... Guru PAi _________________________ NIP/NIK: |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Al-Qur’an 7. Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup | 7.1 Membaca Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27 | § Mampu membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar. | |||
7.2 Menjelaskan arti Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27 | § Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 § Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 § Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 | ||||
7.3 Membiasa-kan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27 | § Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup § Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup. § Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup. | ||||
Akidah 8. Meningkat-kan keimanan kepada Kitab-kitab Allah | 8.1 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah | § Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah § Menunjukkan perilaku iman kepada kitab-kitab Allah. | |||
8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah | § Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah § Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah | ||||
Akhlak 9. Membiasa-kan perilaku terpuji | 9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain | § Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain. § Mampu menghargai karya orang lain. | |||
9.2 Menampil-kan contoh perilaku menghargai karya orang lain | § Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain. § Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain. | ||||
9.3 Membiasa-kan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari | § Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain. § Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain | ||||
Akhlak 10. Menghin-dari perilaku tercela | 10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar | § Mampu menjelaskan pengertian dosa.. § Mampu menjelaskan pengertian dosa besar | |||
10.2 Menyebut-kan contoh perbuatan dosa besar | § Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar. § Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar. | ||||
10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari | § Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar. § Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari. | ||||
Fikih 11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah | 11.1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah | § Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah § Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah § Mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah § Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah | |||
11.2 Mempera-gakan tatacara pengurusan jenazah | § Mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah § Mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah § Mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah § Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah | ||||
Fikih 12. Memahami khutbah, tabligh, dan dakwah | 12.1 Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah | § Mampu menjelaskan pengertian khutbah. § Mampu menjelaskan pengertian tabligh § Mampu menjelaskan pengertian dakwah. | |||
12.2 Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah | § Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik § Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik § Mampu menjelaskan tatacara dakwah | ||||
12.3 Mempera-gakan khutbah, tabligh, dan dakwah | § Mampu menyusun teks khutbah jumat dan dakwah. § Mampu memperagakan khutbah § Mampu memperagakan tabligh. § Mampu memperagakan dakwah | ||||
Tarikh dan Kebudayaan Islam 13. Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800 – sekarang) | 13.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern | § Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa modern. § Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada masa modern. | |||
13.2 Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern | § Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern. § Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern. | ||||
Jumlah |
Mengetahui Kepala Sekolah _________________________ NIP/NIK: | Jepara , ............................... Guru PAI _________________________ NIP/NIK: |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XII / 1
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Al-Qur’an 1. Memaha-mi ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi | 1.1 Membaca Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29 | § Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi: 29 dengan benar | |||
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29 | § Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Al kafirun, Yunus : 40-41 dan Al Kahfi: 29. § Mampu mengartikan per-ayat Al Kafirun, Yunus, 40-41, dan Al Kahfi: 29. § Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29. | ||||
1.3 Membiasa-kan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29 | § Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi § Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi. § Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi. | ||||
Al-Qur’an 2. memaha-mi ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja | 2.1 Membaca Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10 | § Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. | |||
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10 | § Mampu mengartikan perkata Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. § Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. § Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 | ||||
2.3 Membiasa-kan beretos kerja seperti terkandung dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11, dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10 | § Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. § Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. § Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 | § | |||
Akidah 3. Mening-katkan keimanan kepada Hari Akhir | 3.1 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir | § Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. § Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. § Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari | |||
3.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir | § Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir. § Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir § Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir. | ||||
Akhlak 4. Membia-sakan perilaku terpuji | 4.1 Menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal saleh | § Mampu menjelaskan pengertian adil § Mampu menjelaskan pengertian rida § Mampu menjelaskan pengertian amal saleh. | |||
4.2. Menampil-kan contoh perilaku adil, rida, dan amal saleh | § Menampilkan contoh perilaku adil. § Menampilkan contoh perilaku rida. § Menampilkan contoh perilaku amal saleh. | ||||
4.3 Membiasa-kan perilaku adil, rida, dan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari | § Menunjukkan perilaku adil. § Menunjukkan perilaku rida. § Menunjukkan perilaku amal saleh. | ||||
Fikih 5. Memahami hukum Islam tentang Hukum Keluarga | 5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam | § Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah § Menjelaskan hukum Islam tentang talak § Menjelaskan hukum Islam tentang ruju’. | |||
5.2 Menjelaskan hikmah perkawinan | § Menjelaskan hikmah nikah § Menjelaskan hikmah talak § Menjelaskan hikmah ruju’. | ||||
5.3 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia | § Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia. § Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia. | ||||
Tarikh dan Kebudayaan Islam 6. Memahami perkembangan Islam di Indonesia | 6.1 Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia | § Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia § Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia. | |||
6.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia | § Mampu menentukan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia § Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia | ||||
6.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia | § Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di Indonesia. § Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia. | ||||
Jumlah |
Mengetahui Kepala Sekolah _________________________ NIP/NIK: | Jepara , ............................... Guru PAI, _________________________ NIP/NIK: |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XII / 2
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Al-Qur’an 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK | 7.1 Membaca Q.S. Yunus:101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164 | § Mampu membaca Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164 dengan baik dan benar. § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164. | |||
7.2 Menjelaskan arti Q.S. Yunus: 101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164 | § Mampu mengartikan per-kata Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164 § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164. § Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164 | ||||
7.3 Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam Q.S. Yunus: 101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164 | § Mampu menggali kandungan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK § Menerapkan Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164 tentang pengembangan IPTEK | ||||
Akidah 8. Mening-katkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadar | 8.1 Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar | § Menjelaskan pengertian qadha dan qadar. § Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar. § Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar. | |||
8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar | § Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar. § Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari. | ||||
Akhlak 9. Membia-sakan perilaku terpuji | 9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan | § Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan. § Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan. | |||
9.2 Menampil-kan contoh perilaku persatuan dan kerukunan | § Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan. § Mampu menunjukkan contoh perilaku kerukunan | ||||
9.3 Membiasa-kan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari | § Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari. § Menunjukkan perilaku rukun dalam pergaulan. | ||||
Akhlak 10. Menghin-dari perilaku tercela | 10.1 Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | § Mampu menjelaskan pengertian isyrof § Mampu menjelaskan pengertian tabzir § Mampu menjelaskan pengertian ghibah. § Mampu menjelaskan pengertian fitnah | |||
10.2 Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | § Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof § Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir § Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah § Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah | ||||
10.3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari | § Mampu menghindari perilaku isyraf. § Mampu menghindari perilaku tabzir § Mampu menghindari perilaku ghibah § Mampu menghindari prilaku fitnah § Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah | ||||
Fikih 11. Memaha-mi hukum Islam tentang Waris | 11.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris | § Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris § Mampu menjelaskan tentang ahli waris § Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris. | |||
11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris | § Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris § Memperagakan cara-cara menghitung pembagian warisan secara Islam | ||||
Tarikh dan Kebudayaan Islam 12. Memahami perkembangan Islam di dunia | 12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia | § Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia § Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia. | |||
12.2 Menampil-kan contoh perkembangan Islam di dunia | § Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia § Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia | ||||
12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia | § Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia. § Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia. | ||||
Jumlah |
Mengetahui Kepala Sekolah _________________________ NIP/NIK: | Jepara , ............................... Guru PAI, _________________________ NIP/NIK: |
0 comments:
Posting Komentar